"Ara Kupi Ara Cerite" Ngopi Bareng, Babinsa Ingatkan Warga Tentang Ini

Redelong -mediaadvokasi.com
"Ara kupi ara cerite" atau jika diartikan dengan bahasa Indonesia yang artinya "ada kopi ada cerita" kalimat yang sering di kaitkan ketika ngobrol bersama teman sembari di suguhi secangkir kopi dataran tinggi tanoh gayo. Senin 08/03/2021.

Seperti yang di lakukan Serka Iwan Sejahtera , Babinsa Koramil 05/Permata Satuan Kodim 0119/ Bener Meriah. Dirinya melakukan pendekatan dan mensosialisasikan kegiatan sosial dengan cara bercengkrama sembari menikmati secangkir kopi. 

Dengan cara minum kopi bersama warga binaannya , tentu salah satu cara Babinsa  satu ini dalam memudahkan berkomunikasi sosial dengan warga ,terutama di Desa Buntul Fitri, Kecamata Permata, Kabupaten Bener Meriah. 
Kapten Inf Jan Suhardi Komandan Koramil 05/Permata mengatakan, Komunikasi sosial bisa di mana saja di lakukan, termasuk di warung - warung kopi,"Warung kopi menjadi salah satu tempat yang sering di kunjungi untuk duduk sambil bercerita dengan rekan maupun teman", ungkap Danramil. 

Lebih lamjut kata Danramil, 
komunikasi sosial tidak harus di rumah ataupun di kantor, yang penting pesan tersampaikan, santai namun serius, tambah Danramil 05/ Permata. 


Sementara itu Serka Iwan Sejahtera, 
Babinsa Koramil 05/ Permata menjelaskan,  tujuan komunikasi sosial tersebut bertujuan untuk lebih mengajak warganya agar tidak melakukan atau membuka lahan dengan cara di bakar.

Menurut Babinsa, Lahan yang di buka dengan cara di bakar sangat berdampak buruk bagi lingkungan serta kelangsungan hidup flora dan fauna," kalau dengan cara membakar maka yang ada malah membuat makroorganisma dan mikroorganisma mati, dan juga membuat PH tanah menjadi tinggi", kata Babinsa. 

Lebih lanjut terang Babinsa,  
Ini kan berdampak buruk  bagi tanah, sehingga dampaknya akan membuat tanaman yang di tanam menjadi kurang bagus dalam perkembangan nya.

"Silahkan membuka lahan tidur dengan cara yang baik, jangan di bakar, musim kemarau di tambah angin seperti ini jika membakar sampah saja bisa terjadinya kebakaran hebat jika tidak di jaga", pesan Babinsa.

Dalam hal itu Babinsa Juga mengingatkan Kepada warga binaannya tentang bahaya membakar lahan maupun sampah di lahan yang baru dibuka,  mengingat, selain berdampak pada lingkungan, membakar hutan juga dapat di pidana sesuai dengan UU yang berlaku. Tutup babinsa. (*)

Sumber Penerangan Kodim 0119/ Bener Meriah. 

Popular Posts