Meski Covid-19 Melanda, PAD Aceh Singkil Terus Meningkat

Mediaadvokasi.com Aceh Singkil 
Meski Pandemi Covid-19 melanda pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Aceh Singkil terus meningkat. 

Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil melalui Kabid Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten, Iskandar menyebutkan Pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Aceh Singkil dalam tiga tahun terakhir terus meningkat. 

"Realisasi PAD Kabupaten Aceh Singkil itu dimulai pada tahun 2019 sebesar Rp 45 miliar, tahun 2020 meningkat menjadi sebesar Rp 46 miliar dan terget tahun 2021 meningkat cukup signifikan sebesar Rp 62 miliar, " Kata Iskandar ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (15/2). 

Dikatakannya, Capaian PAD pada tahun 2020 sebesar Rp 46 miliar itu berasal dari pajak daerah sebesar 92,5 persen dan retribusi sebesar 79,93 persen.

Pajak daerah terdiri dari pajak hotel, restoran, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam, sarang burung walet, BPHTB, air dan tanah serta pajak bumi dan bangunan. 
Sementara retribusi daerah terdiri dari jasa umum, jasa usaha, perizinan dan lainnya, "ungkapnya.

Iskandar juga menuturkan, ada terdapat setoran pajak yang menunggak. namun Ia tak menyebut secara rinci siapa dan berapa tunggakannya. Tetapi, Iskandar memastikan sudah memberikan surat teguran agar segera menyelesaikan tunggakannya,"tuturnya. 

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, Iskandar yakin hal ini tidak berpengaruh terhadap target peningkatan PAD Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 2021 sebesar Rp 62 miliar.
“Kalau pandemi hampir seluruh dunia terpengaruh. Kita yakin dan optimis dengan target itu, apalagi berkaca dari capaian target 2020, masyarakat kita sadar pajak. Target Rp 62 miliar, kita optimis,” kata Iskandar (Ahmad)

Popular Posts