Bupati Muaro Jambi Buka Langsung Musda Ke-2 Asosiasi UMKM

 


MUARO JAMBI, MA- Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busyro SE buka Musyawarah Daerah (Musda) ke 2 Asosiasi UMKM di Aula Kantor Bupati Muaro Jambi, Rabu (10/02/2021).

Musda ke 2 Asosiasi UMKM Muaro Jambi (ASUMKMUJA) tersebut bertemakan "Mewujudkan UMKM kuat, berdaya saing dan kreatif".

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, para OPD dan para pelaku usaha UMKM di ruang lingkup Kabupaten Muaro Jambi.

Abunyani ketua panitia menyampaikan,
Musyawarah pertama telah di adakan pada tanggal 15 Mei 2017 lalu.

Disamping itu Abunyani juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mauro Jambi yang telah mendukung acara Musda ke 2 tersebut.

Hal senada juga di sampaikan oleh ketua  Asosiasi UMKM Muaro Jambi.

"Ini adalah kali kedua Bupati Masnah mendukung dan memfasilitasi kami di Musda Asosiasi UMKM," ujarnya.

Rahmad, PLT Kepala Dinas Koperindag sekaligus sebagai pembina Asosiasi UMKM Muaro Jambi mengatakan bahwa UMKM mampu menunjang perekonomian daerah maupun Nasional.

"Kita Muaro Jambi lebih dari 20,000 anggota UMKM yang tergabung," jelasnya.

Sambungnya, ia juga berharap UMKM yang di buat oleh masyarakat agar asli produk daerah yang mampu menunjang dan menolong satu sama lain.

"Berharap itu adalah hasil usaha lokal, berarti juga sama dengan membantu saudara dan masyarakat kita," harapnya.

Sementara itu, Bupati Masnah, menyampaikan bahwa Muaro Jambi memiliki 2 galery. "Satu di pondok meja dan yang kedua di desa kedemangan," bebernya.




Bupati juga meminta agar galeri UMKM yang sudah ada di buat tempat yang lebih menarik dan rijing yang bagus.

"Bukan hanya ruko-ruko, tempat juga mendukung daya tarik peminat," bilangnya.

Selanjutnya, bupati juga berharap agar para ibu-ibu yang memiliki UMKM untuk bergabung bersama galeri UMKM yang ada di Muaro Jambi.

Bilangnya, dinas dinas terkait agar bisa bersatu dan membantu memasarkan serta mempromosikan produk UMKM di Muaro Jambi. Kemudian, Ia juga meminta agar CSR fokus ke UMKM.

"Di data UMKM yang ada di Muaro Jambi yang memerlukan anggaran biaya dalam penambahan modal," katanya.

Sambungnya, bupati juga mengatakan kepada pihak bank agar memberikan bunga yang ringan dan tidak mempersulit persyaratan jika ada ibu-ibu UMKM yang mengajukan pinjaman.

"Berikanlah bunga yang ringan dan jangan di persulit," tukasnya.

Tak hanya itu saja, Bupati Masnah juga menegaskan bahwa UMKM harus di fokuskan dan sering kordinasi serta komunikasi. "Agar bisa mencapai tujuan yang baik dan saling berkomunikasi," pungkasnya. 

Dengan demikian bupati juga mengungkapkan bahwa kenapa dirinya sering memakai batik saat kegiatan padahal ada baju dinas yang telah di sediakan.

"Sering memakai batik, ini karena adalah asli olahan Muaro Jambi, jadi saya memakai sambil memperkenalkan kepada masyarakat," ungkapnya.(k.bojes)

Popular Posts