BPN Aceh Singkil Pasang Patok Batas Tanah di Pos TNI Angkatan Laut Pulo Sarok

Mediaadvokasi.com Aceh Singkil 
Pos TNI Angkatan Laut Aceh Singkil bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat melaksanakan pemasangan patok tanda batas tanah Inventaris Kekayaan Negara (IKN) dan siap jadi pelopor pematokan batas tanah untuk masyarakat.

Pematokan dan pengukuran ulang batas tanah milik Pos TNI POS AL di Pulo Sarok, Aceh Singkil Sabtu (20/2/2021) dipimpin Komandan Pos TNI AL Singkil Lettu Laut (T) Nur Cholis bersama jajarannya, kegiatan itu turut dihadiri Plt Kasi Pengendalian dan penanganan Sengketa BPN Aceh Singkil dan petugasnya, para pemilik tanah tetangga bersebelahan, dan Kadus Bahari (Aparatur Desa).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Simeulue  Letkol Laut (P) Ahmad Fahribi, S.E., M.M. M. Tr. Opsla, mengatakan pemasangan patok tanda batas tanah TNI Angkatan Laut di Pos TNI AL Singkil sebagai upaya prefentif Lanal Simeulue mengantisipasi terjadinya sengketa tanah yang menjadi aset TNI AL dengan masyarakat sekitar.

Hal ini juga sebagai implementasi TNI AL mendukung kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan reformasi agraria yang meliputi Legalisasi Aset, Redistribusi tanah yang berasal dari kawasan hutan dan tanah transmigrasi untuk meningkatkan status sosial ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia.

Letak Geografi Kabupaten Aceh Singkil yang terdiri dari dua wilayah, yaitu wilayah daratan di Pulau Sumatera dan kepulauan banyak di tengah Samudera Hindia tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi petugas Badan BPN Kabuaten Aceh Singkil untuk mengoptimalkan bantuan pensertifikatan tanah bagi masyarakat.

Pos TNI AL Singkil sebagai unsur pendukung Pangkalan TNI AL Simeulue yang berada di Kabupaten Aceh Singkil siap bersinergi dengan siapapun termasuk dengan pihak Kantor BPN Aceh Singkil dalam pelaksanaan pengamanan pensertifikatan tanah yang berada di Kepulauan Banyak sehingga target Pemerintah, seluruh tanah tahun 2025 sudah memiliki sertifikat semua dapat tercapai.


Sementara Komandan Pos TNI AL Singkil Lettu Laut (T) Nur Cholis menyampaikan terima kasih atas kerja keras Petugas BPN Aceh Singkil yang telah memasang patok batas tanah TNI AL yang berada di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

Sehingga aset TNI AL menjadi lebih aman dan tidak berpotensi menimbulkan sengketa tanah di masa mendatang. “Pos TNI AL Singkil siap menjadi pelopor gerakan pemasangan patok tanah di Kab. Aceh Singkil dan siap mendukung kebijakan Pemerintah di bidang pertanahan bersama BPN Kabupaten Aceh Singkil,”ucapnya. (Ahmad)

Popular Posts