Terkait Pekerjaan Pembangunan Gapura, Lurah Adiarsa Barat: Itu Sumbernya dari Dana Alokasi Umum

Karawang, MA- Meskipun kondisi pandemi covid-19 hingga kini belum berakhir. Berbagai pembangunan infrastruktur di Kelurahan Adiarsa Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang telah terealisasikan. Salah satunya pekerjaan pembangunan 10 gapura di setiap gang atau jalan yang ada di seputar lingkungan Kelurahan.

Lurah Adiarsa Barat Ifan  mengatakan, pekerjaan pembangunan gapura tersebut dananya dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2020.

"Pelaksanaan pembangunannya swakelola yang dilaksanakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ditunjuk oleh LPM dan para RT dan RW," katanya saat dikonfirmasi di Aula Kelurahan, Senin (4/1/2021).

Ifan menyebut, terkait pembangunan tersebut sudah sesuai spek dan RAB. 

"Penggunaan bahan seperti tiang gapura  sudah  sesuai dengan menggunakan pipa  berukuran 2 inch. Kami sudah mengecek langsung ke lapangan, " tegasnya. 

Kata Ifan, Kelurahan akan mengecek seluruh pekerjaan yg dikerjaan oleh KSM. 

"Apabila ada yg dirasa kurang atau tidak sesuai maka KSM akan diminta melengkapi pekerjaaannya dulu, Jadi belum final,"katanya. 

Ia menuturkan , pihaknya akan melakukan koreksi terlebih dahulu. Karena pekerjaan tersebut  dilakukan oleh masyarakat sendiri, berbeda dengan yang dikerjakan oleh kontraktor.

"Jadi bila ada kekurangan, akan dimusyawarahkan dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya,"tuturnya. 

Ia menjelaskan, anggaran biaya pekerjaan pembangunan  1 (satu) gapura tersebut sebesar Rp. 10 juta. 

" Pembangunannya, kami gebuk rata setiap titik lokasi Rp. 10 juta," imbuhnya. 

Pembangunan gapura tersebut, kata Ifan sudah seluruhnya di laksanakan yakni 5 unit gapura berukuran besar dan 5 unit berukuran kecil .

Dia pun menambahkan, pelaksanaan pembangunan gapura tergolong sangat cepat. 

"Mulai pada awal bulan Desember dan harus selesai pada  bulan Desember( 31/12/2020)," tutupnya. (Dedi)

Popular Posts