Sensus Penduduk Aceh Singkil 2020 Laki-laki Lebih Banyak Dibanding Perempuan

Mediaadvokasi.com Aceh Singkil Hasil Sensus Penduduk 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk Kabupaten Aceh Singkil pada 2020 mencapai 126,514 Ribu jiwa. Jumlah laki-laki lebih banyak dibanding dengan perempuan.

"Laki-laki sebanyak 63,978 jiwa dan perempuan sebanyak 62,536 jiwa.maka terlihat jumlah laki-laki lebih banyak daripada perempuan," Kata Kepala BPS Aceh Singkil, Yuniarto saat dikonfirmasi dikantornya, Jumat 29 Januari 2021.

Dikatakannya, dalam jangka waktu sepuluh tahun sejak tahun 2010, jumlah penduduk Aceh Singkil mengalami penambahan sebanyak 24,005 ribu jiwa. Sementara luas wilayah Aceh Singkil sekitar 1.857,88 kilometer persegi


"Hasil sensus sebelumnya sebanyak 102,509 jiwa, sehingga jumlah penduduk Aceh Singkil terus mengalami peningkatan, "Ujarnya.



Namun demikian Yuniarto tak merinci lebih jauh tentang klasisfikasi jumlah penduduk di setiap kecamatan, mengingat masih dalam proses penyajian.

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) juga meminta masyarakat Aceh Singkil untuk mensukseskan survei ekonomi nasional (susenas) tahun 2021.

"Kepada masyarakat agar memberikan informasi yang sebenarnya sesuai dengan kebutuhan survei," tambah Andi, Koordinator Statistik Sosial BPS Aceh Singkil

Andi mengungkapkan pentingnya survei tersebut dalam rangka mengukur tingkat kemiskinan pada level kabupaten.

Susenas ini merupakan rutinitas tahunan BPS dalam mengukur salah satunya tingkat kemiskinan di suatu wilayah. Tahun ini susenas akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Dalam susenas ini, akan diambil sekitar 550 sampel rumah tangga. Sampel tersebut akan dianggap mewakili dari seluruh jumlah penduduk dalam satu kabupaten.

Aceh Singkil tahun 2020 masih menjadi kabupaten termiskin di Provinsi Aceh. Presentase kemiskinan Aceh Singkil saat ini mencapai 20,20 persen.

"Namun tetap saja Aceh Singkil masih menjadi yang termiskin di Aceh," tandas Andi. (Ahmad)

Popular Posts