Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu di Kemenag Aceh Singkil Diresmikan

Media Advokasi.com Aceh Singkil Untuk mempermudah Calon Jamah Haji yang hendak mau mendaftar dan meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya calon jemaah haji dan umrah di Kabupaten Aceh Singkil.sehingga tidak lagi mondar-mandir dari Kantor Kemenag lalu ke Bank saat mau mendaftar.

Kini tidak susah payah lagi. Sebab, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil telah resmi miliki Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), 

Karena, PLHUT tersebut akan memangkas birokrasi, sebab di sana juga terdapat representasi dari Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih), 
Dan juga bisa mempercepat proses pendaftaran Haji, yang semula dapat memakan waktu beberapa hari, namun nantinya dapat selesai dalam satu hari kerja. “Karena semua proses menjadi terpusat sehingga memudahkan,” kata Kepala Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil, Saifuddin, Kamis (21/1/2021). 

Sementara itu Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal dalam pidatonya mengatakan yang memiliki Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) ini, Aceh Singkil dan Kabupaten Aceh Besar. 

Selain di Aceh Singkil Gedung PLHUT tahun 2020 di resmikan, di Aceh Besar juga secara bersamaan tahun ini juga telah di resmikan.

"Untuk tahun 2020 Aceh Singkil dan Aceh Besar. Sedangkan tahun ini, di rencanakan ada terdapat tiga titik. Aceh Utara, Aceh Tengah, dan Kota Langsa."kata Dr. H Iqbal. 

Dikatakannya, Gedung PLHUT ini di bangun pada tahun 2020, terdiri dari dua lantai melalui anggaran yang bersumber dari Pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sekitar Rp. 2. Milyar."katanya.

Lebih lanjut Iqbal mengungkapkan, kedepan dengan hadirnya PLHUT tersebut, di harapkan dapat  bermanfaat bagi masyarakat.Terutama, untuk mempermudah,memperlancar dan mempersingkat urusan pelayanan Haji dan Umrah di Kabupaten Aceh Singkil. 

" Di dalam Gedung nantinya tersedia petugas PHU dari Kemenag dan Perbankan yang akan melayani Jamaah Calon Haji (JCH)."Sehingga,  urusan Ibadah Haji dan Umrah tidak sulit dan lambat, "Terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil, menyambut baik dan berterima kasih kepada Kementerian Agama, atas prioritas yang di berikan Gedung PLHUT di tengah - tengah masyarakat. 

Hal tersebut di sampaikan Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, kepada sejumlah awak media seusai mengikuti dan mendampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, saat melakukan peresmian Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

" Kita yakin, kedepan urusan administrasi haji dan umrah  akan lebih mudah dan cepat." Kata Dulmusrid

Kemudian Dulmusrid juga berharap, kedepan Gedung ini dapat di manfaatkan. Serta di pelihara dan di rawat sehingga berkelanjutan.

PeresmianGedung PLHUT dua lantai itu ditandai dengan Pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Dr. H. Iqbal. Serta disaksikan Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dan Wakil Bupati H. Sazali,  Kakankemenag Aceh Singkil, Saifuddin. dan pejabat Forkopimda lainya.(Ahmad)

Popular Posts