Di Desa Toman Ibu Rumah Tangga Diberi Pelatihan Jumputan Gambo


MUBA, MA- Sebagai Central penghasil Gambo di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Pemerintah Desa Toman, Kecamatan Babat Toman tak ingin ketinggalan dengan perkembangan gambo Muba yang sudah mendunia. Karena itu, di Desa Toman diadakan pelatihan jumputan gambo bagi ibu rumah tangga.

"Pelatihan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 pelatihan Jumputan gambo ini selain untuk menambah pengetahuan juga merekrut anggota baru agar mendapatkan penghasilan tambahan,"kata Kepala Desa Toman, Supriadi, Kamis (3/12/2020).

Menurut Supriadi, dengan adanya pelatihan tersebut ibu rumahtangga akan terbantu dan mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut desa Toman telah ikut melestarikan kain jumputan Gambir yang merupakan salah satu ciri khas kabupaten Musi Banyuasin. 

"Kami merasa ikut bertanggungjawab, karena pusat pusat Gambir di Kabupaten Musi Banyuasin salah satunya berada di Desa Toman,"ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah daerah kabupaten Musi Banyuasin telah membranding batik gambo sebagai icon Muba. Selain PNS dan TKS di kabupaten Muba, Kades, Perangkat Desa Guru dan Peserta didik SD, SMP dan SMA di Kabupaten Muba kedepanya dapat menggunakan batik Jumputan Gambo Muba sebagi salah satu pakaian kerja dan seragam sekolah.(Mitra Desa)

Popular Posts