Bener Meriah, Festival November Kopi Gayo.

Bener Meriah-Mediaadvokasi.com.
Menyambut panen raya kopi Gayo, Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, mengelar Festival November kopi gayo,dengan mengangkat tema"November mengirimkan hujan dan kopi kami memainkan musik tari dan puisi"
acara berlangsung di taman budaya arboretum kampung Bale Atu, Kec, Bukit,Kabupaten Bener Meriah, pada rabu 11 November 2020.

Dalam acara Festival tersebut, berbagai pertunjukan seni budaya di tampilkan, diantaranya tari guel, didong gayo, serta membaca puisi, dan berbagai pertunjukan lainnya. Acara tersebut di buka secara langsung oleh Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi, dan sebagai pembawa acara dipandu oleh Penyair Indonesia Fikar W. Eda. 

Mahdi Usati Analis Gayo Cuppers Team (GCT), salah satu nara sumber  yang diminita  Fikar W. Eda menjelaskan kopi Gayo dan Dunia Internasional mengatakan “kopi Gayo tak tergantikan di Dunia  Internasional dan sampai hari ini masih mendapatkan harga komersil termahal " disebabkan situasi pandemi sekarang perkilo gram Ready Ekspor 3,8 hingga 4 Dolar, berbeda dengan Vietnam, Brazil, Columbia harga jual mereka jauh lebih rendah dibanding  kopi kita harga jual mereka berkisar 2,8 hingga 3 Dolar perkilogram nya. 


Mahdi juga meyakinkan bahwa mereka ( Konsumen lnternasional ) tidak bisa minum kopi tanpa kopi Gayo dikarenakan sudah menjadi Primadona, bahkan sebelum orang Gayo minum kopi mereka sudah duluan menikmati kopi kita sehingga kita di cekoki dengan kopi-kopi yang logrid, kopi-kopi kolonial karena kopi berkualitas bagus harus mereka bawa dan sekarang mereka tidak bisa minum kopi selain kopi Gayo, kita harus yakin kalau mereka sudah menunggu kontainer-kontainer kopi kita.  

Berdasrkan amatan Mediaadvokasi.com, dalam kegiatan tersebut pengunjung juga tetap menjaga protokol kesehatan. Dihadapan Bupati Kapolres dan seluruh peserta Fikar W. Eda Pemandu acara  menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak mengundang penonton secara langsung, namun bisa disaksikan Live pada salah satu stasiun berita TV yang ada di Aceh, Radio Lembaga Penyiaran Publik yang ada di Bener Meriah dan Media Sosial yang tersedia, jelas W, Eda dalam memandu acara. (Zaky)

Popular Posts