Wakil Ketua MPR RI Dukung Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat

Bandung, MA- Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendukung keinginan perubahan nama Provinsi Jabar menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Dukungan itu dikemukakan Fadel dalam pertemuan dengan beberapa tokoh Sunda di Perpustakaan 'Ajip Rosidi' Jl. Garut Kota Bandung, beberapa hari yang lalu. Menurut Fadel maayarakat Sunda harus punya keberanian menyampaikan keinginan itu kepada pemerintah pusat.

"Jangan takut dicap primordialisme atau kesukuan. Apa yang salah dengan primordialisme? Asal keinginan itu semata hanya untuk menunjukan dan menguatkan jati diri, sah-sah saja" ujar Fadel, yang hadir bersama anggota DPD RI asal Jawa Barat Eni Sumarni.

Langkah yang harus ditempuh menurut Fadel adalah lobi politik ke Presiden Jokowi, selain jalur prosedural juga ditempuh.

"Jika ada hambatan di daerah, coba minta aja beberapa tokoh Sunda untuk datang langsung ke Jokowi untuk menyampaikan niat dan aspirasi itu. Nanti Saya akan coba bicara juga dengan Pak Ginanjar (Ginanjar Kartasasmita)" jelasnya.

Sebelumnya, sejak tahun 2006, aspirasi untuk mengganti nama Provinsi itu sudah muncul untuk menguatkan jati diri ke-Sundaan. Terlebih sejak Banten menjadi Provinsi tersendiri berpisah dari Jawa Barat.

"Setelah Banten menjadi Provinsi, maka posisi Jawa Barat tidak lagi menjadi Provinsi paling Barat di pulau Jawa" ujar Aji Esa Pengestu, salah seorang inisiator perubahan nama Provinsi, yang hadir dalam pertemuan itu, bersama tokoh lainnya seperti Acil Bimbo, Memet Hamdan dan lain-lain.

Hanya saja menurut Aji, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Gubernur sejak jaman Dani Setiawan hingga Ridwan Kamil.

"Kalau tidak salah Kami sudah empat kali berkirim surat ke Gubernur untuk audiensi menyampaikan aspirasi ini, tetapi belum direspon" ujar Aji. (yon/Pun)

Popular Posts