SMAN 1 Cikampek Jaring Bibit Unggul Bidang Sains Melalui KSN-S

Karawang, MA- SMAN 1 Cikampek Kabupaten Karawang menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN-S) tingkat sekolah, yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk menjaring bibit unggul bidang sains.

Kegiatan KSN tersebut di tingkat pusat dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pelaksana Tugas (KSN-S) SMAN 1 Cikampek , Nunuy Nurokhmah.MPd mengatakan bahwa pelaksanaan (KSN-S) SMAN 1 Cikampek bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains. Selain itu, penyelenggaraan (KSN-S) juga sebagai penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi sains ke tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional," ujarnya. 

Nunuy menambahkan pelaksanaan (KSN-S) SMAN 1 Cikampek ini secara Luring tapi tetap protokoler kesehatan di tengah pandemi COVID-19 dilakukan secara ketat.

"Karena pandemi COVID-19 dan pemerintah menerapkan pembatasan sosial, KSN-S SMAN 1 Cikampek ini dilaksanakan menggunakan sistem Luring tapi protokoler kesehatan kita utamakan dilakukan," katanya. 

Jumlah peserta (KSN-S) SMAN 1 Cikampek sebanyak 125  peserta dari seluruh siswa yang daftar melalui aplikasi. Dari jumlah tersebut, nanti siswa yang berprestasi akan di kompetisikan kentingkat Kabupaten. Nunuy menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan (KSN-S) tersebut panitia ingin memastikan semua peserta dapat mengikuti kompetisi secara adil, panitia tetap mengupayakan agar mereka bisa mengikuti (KSN-S) dengan baik.

(KSN-S) untuk jenjang SMAN 1 Cikampek dilaksanakan tahap pertama dari tanggal 20-22 Oktober 2020, dan tahap kedua dari tanggal 23 hingga 25 Nopember 2020.

Untuk para peserta (KSN-S) mereka mengerjakan soal-soal yang diujikan Bidang lomba dalam KSN meliputi sembilan bidang, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.Peserta KSN tingkat provinsi adalah siswa SMA/sederajat yang telah ditetapkan sebagai pemenang KSN tingkat kabupaten/kota oleh Kepala Dinas atau Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi. Dari pelaksanaan seleksi tingkat provinsi ini, akan dijaring peserta KSN ke tingkat pusat.pungkasnya.(yon)

Popular Posts