PPS Nagari Guguk Malalo, dalam Perekrutan KPPS di Nilai ciptakan Aturan Sendiri dan Praktik KKN.

 



Tanah Datar- - PPS Nagari Guguk malalo umumkan hasil nama-nama KPPS yang lulus seleksi wawancara pada Kamis 29/10/20. Nama-nama yang diumumkan tersebut menuai banyak protes di tengah-tengah masyarakat Nagari Guguk Malalo.


PPS Nagari Guguk Malalo diduga ciptakan aturan sendiri dan praktik KKN, Berdasarkan ketentuan Pasal 12 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 13 

Tahun 2017, menyatakan PPS memiliki tugas, wewenang, dan kewajiban untuk membentuk KPPS.


Sebagaimana yang di sampaikan Ben salah seorang calon anggota KPPS yang mendaftar di salah satu TPS di Nagari Guguk Malalo, Saya pribadi tidak terima dengan kebijakan yang di ambil oleh PPS Nagari Guguk Malalo alasannya saya tereliminasi di sebabkan di pindahkanya orang dari TPS lain ke TPS 05 tempat saya mendaftar.



 Lebih lanjut Ben mengatakan padahal kami mendaftar di TPS 05 tersebut sebanyak 9 orang. Orang yang di pindahkan tersebut dari TPS 06 yang Berbeda Jorong dengan saya, apakah memang begitu aturan dari KPU??


Memang wewenang pembentukan KPPS ini adalah wewenang PPS tetapi Kami menilai PPS Nagari Guguk Malalo membuat aturannya sendiri. Jika memindahkan orang dari satu TPS yang berbeda Jorong tersebut adalah sebuah aturan yang turun dari KPU Kabupaten Tanah Datar silahkan sampaikan dan merejuk keamana aturanya kami harapkan PPS transparan dan tak berlindung di balik aturan-aturan yang tak jelas saja ujar Ben.


Bukan hanya itu saja hal itu juga terjadi di tempat lain orang yang mendaftar di TPS 07 di jorong Guguk Lulus dan keluar namaya di TPS 02 Jorong Baing Malalo dan membuat orang yang mendaftar mendaftar di TPS 02 tersebut juga tereliminasi terang ben.


Tak tanggung-tanggung orang yang diluluskan dalam seleksi KPPS tersebut dan di umumkan oleh PPS hanyalah orang-orang terdekat dari anggota PPS tersebut bahkan ada yang dari keluarga PPS itu sendiri.


Jika memang yang akan diluluskan adalah mereka dari orang terdekat PPS saja dan keluarga PPS saja untuk apa juga dilakukan seleksi wawancara tegas Ben.


Meskipun mereka PPS masih menerima tanggapan dan masukkan masyarakat, tetapi dalam hal ini yang kami pertanyaan PPS Nagari Guguk malalo memakai aturan yang mana memindahkan dan meluluskan orang yang mendaftar di TPS jorong  lain ke TPS Saya mendaftar, dan kami harapkan jangan yang diluluskan orang terdekat dan keluarga PPS saja tutup ben. (Zy)

Popular Posts