Muslim: Bantuan Alat Pertanian Di Beri Pemerintah Secara Gerati

Aceh Tamiang-Mediaadvokasi.com Anggota DPR-RI Muslim,SHI,MM menegaskan, bahwa bantuan prasarana Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) pra dan paska panen untuk sejumlah kelompok tani di Kabupaten Aceh Tamiang diberikan pemerintah secara gartis tanpa kutipan dana apapun.

Bila ada dugaan oknum – oknum yang meminta imbalan atau uang, termasuk staf pendamping saya bantulangsung saja memberitahukan kepada saya,” tegas Muslim,SHI,MM Anggota DPR RI dalam prosesi penyerahan Alsintan pada Senin (26/10/2020)  di kantor Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang.
Pada kesempatan itu juga Muslim mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk membantu kebutuhan prasarana penunjang bagi masyarakat petani di Kabupaten Aceh Tamiang yang juga merupakan daerah pemilihannya.Saya mengharapkan bantuan Alsintan yang sudah diberikan ini supaya dijaga dan dirawat, jangan dibiarkan saat rusak karena merugikan petani sendiri,” Jelas politisi Partai Demokrat ini.
Oleh karna itu  terkait kebutuhan prasarana pendukung untuk pengembangan budidaya bawang merah yang sedang digalakkan petani di Aceh Tamiang,Saya minta Kadistanbunnak Aceh Tamiang agar secepatnya mengajukan permohonan supaya bisa di proses nantinya di Kementrian.Jika usulannya tidak diberikan berarti tidak ada yang dibutuhkan serta bisa di berikan kedaerah lainnya yang membutuhkan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus, SP menyampaikan, pihak yang berupaya daerah ini bisa menjadi sentra bawang merah bagi daerah lainnya di Aceh. Kendala yang kami hadapi petani sekarang masih terbatasnya peralatan seperti traktor untuk pengolahan tanah pertanian," Jelas Yunus.SP.
Oleh sebab itu  Kita harapkan dengan adanya penambahan mesin bajak yakni traktor sehingga memasuki musim gadu mendatang, sebahagian lahan pertanian warga di daerah ini bisa digarap untuk budi daya bawang merah.

Yunus mengatakan dihadapan ketua kelompok tani penerima bantuan Alsintan, Kadistanbunnak Aceh Tamiang, Yunus menegaskan kembali, bahwa bantuan peralatan yang sudah terima itu jangan sampai dijual, jika ini terjadi maka kelompok tani bersangkutan akan di blacklist terhadap semua bantuan kedepannya," Harapan Yunus. 

Oleh karna itu, bantuan Alsintan yang disalurkan yaitu power tresher untuk kelompok Ciherang Wangi, Kampung Alur Cantik, Kelompok, Rambutan, Kampung Balai, kedua kelompok ini berada di Kecamatan Bendahara, Kelompok Muda Tani Kampung Sampaimah Kecamatan Manyak Payed, Kelompok Maju Bersama, Paya Bedi kecamatan Rantau.Kemudian, Kelompok Karya Tani, Alur Bemban Kecamatan Karang Baru, Kelompok Karya Bakti  Sekumur Kecamatan Sekerak dan Cicempala Kampung Seunebok Aceh, Kecamatan Bendahara. Sementara bantuan Alsintan lainnya yaitu Corn Sheller dua unit, cultivator 5 unit, hand traktor rotary 6 unit, mesin tanam padi 2 buah, mesin pompa 5 unit, combine harvestsr satu unit. (Eri Efandi).

Popular Posts