Kemenag Aceh Singkil Tinjau 3 Lokasi Wakaf Produktif di Singkohor

Aceh Singkil Media Advokasi.com 
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui penyelenggara Zakat Wakaf tinjau 3 lokasi wakaf produktif di Kecamatan Singkohor Rabu (28/10). 

Ketiga lokasi wakaf produktif tersebut berupa kebun sawit yang terletak 2 lokasi desa Singkohor dan Desa Mukti Jaya Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. 

Adapun dua lokasi wakaf  yang terletak di Singkohor itu  berupa kebun sawit seluas 750 Meter di wakafkan  sekitar tahun 2015 oleh Muzakki warga setempat.

Selanjutnya tempat pemakaman umum (TPU) yg diatas tanah nya juga ada kebun sawit.


"Sementara di desa Mukti Jaya kecamatan singkohor tersebut  berupa pondok pesantren Mambaul Qur'an program Tahfiz quran seluas 2 Hektare yang di dalamnya banyak usaha yaitu, ternak lembu, ternak bebek, kebun sawit, ikan patin, swalayan dan usaha alat berat lainnya, "Kata Nadzir tanah wakaf Kamraini, S. Ag. 


Semua hasil usaha itu akan diserahkan dan di kelola oleh nadzir untuk operasioanal pondok pesantren Tahfiz Qur'an Mambaul Qur'an.

Dan juga dalam waktu dekat ini rencana pemilik pondok pesantren Mambaul Qur'an tersebut akan mewakafkan juga 20 hektar tanah berupa kebun sawit yang nantinya di kelola untuk menambah biaya operasional pondok pesantren Mambaul Qur'an, "Ujar Kamraini. 



Dikatanya, hasil dari kebun sawit wakaf produktif ini nanti di manfaatkan untuk kepentingan umat, baik untuk masjid, pemeliharaan TPU, dan pendidikan agama. 

Dan berharap agar masyrakat Singkohor bertambah banyak yang ingin mewakafkan harta dan tanahnya untuk dikelola, sehingga dapat membantu pengembangan ekonomi umat, "ucapnya.

  
Sementara, kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil melalui Kepala penyelenggra zakat wakaf menyampaikan sangat terharu kerena masih ada orang di Kecamatan Singkohor ini yang mau mewakafkan tanah seluas 20 hektar berupa kebun sawit yang siap panen untuk kepentingan Pondok Pesantren tahfuz Qur'an.

Semoga ini menjadi motivasi dan inspirasi buat hartawan dan orang kaya lainnya yang ada di kabupaten Aceh Singkil Agar juga bisa mewakafkan hartanya di jalan agama, "imbuhnya.

Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil juga terus berupaya untuk menginventarisir semua tanah wakaf terutama tanah wakaf yang produktif.(Ahmad)

Popular Posts