1 Hektar 8 Ton Gabah, Kepala DTPHP Muba Coba Mesin Combine

Kepala DTPHP Muba Ir A Thamrin  mencoba mesin Combi


MUBA, MA- Capai 8 Ton per hektar gabah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Musi Banyuasin, Ir A Thamrin mencoba mesin pemanen padi (Combine) diarea Persawahan Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu, Kamis (15/10/20).

Dikatakan Thamrin seusai mencoba mesin Combine, Pemkab Musi Banyuasin melalui DTPHP Muba berupaya mensejahterakan para petani dengan memenuhi berbagai macam kebutuhan untuk bertani seperti bibit berkualitas, pupuk, racun hama hingga teknologi pertanian.

"Mentri Pertanian melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Muba telah mengeluarkan alat pertanian berupa mesin Combine, Traktor dan memberikan paket lengkap berupa bibit, pupuk, racun hama. Kemudian, untuk memastikan teknologi pertanian di terapkan dan berjalan dengan baik kami cek langsung ke lapangan," ungkapnya.

Sementara itu, Alamsyah Ketua Kelompok Tani Danau Busuk II Kelurahan Serasan Jaya mengatakan, teknologi pertanian sangatlah membantu petani selain mudah, murah, hemat biaya dan waktu serta tenaga kerja.

Menurutnya, mengingat Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) tahun 2019 berjalan baik. Hal tersebut saat ini dapat dilihat dari pola pengaturan air.

"Selain Program Serasi, teknologi pertanian dan paket lengkap sangatlah membantu kami petani dalam menaikan produktifitas Pertanian," ujarnya.

Lanjutnya, "Alhamdulilah, kami juga ucapkan terima kasih kepada PPL yang telah memberikan pelajaran dalam bertani mengunakan teknologi. Sebelumnya per hektar hanya 4-6 Ton gabah kering, kali ini dari hasil ubinan 2,5 x 2,5 meter yang di cek oleh Balai Penyuluhan Pertanian didampingi Kordinator Pengendalian Organisme Pengangu Tanaman  Kabupaten Musi Banyuasin dan Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Sekayu bisa mencapai 8 Ton perhektar," tandasnya. (Jahri)

 

Popular Posts