Sayet Mahdi: Orang Bijak Buang Sampah Pada Tempatnya

Aceh Tamiang-Media Advokasi.com.
Hari bersih-bersih sedunia atau cleanup day  dilakukan seluruh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tamiang , berjumlah 300 orang serta anggota bank sampah dan
komunitas peduli lingkungan yang dilaksan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kampung Durian Kecamatan Rantau, Sabtu (19/9/20). 
Sebelum melakukan  hari bersih sampah sedunia terutama melakukan,memungut dan memilah sampah di sepanjang jalan menuju lokasi TPA, Penanaman Pohon disekitar areal TPA, dan Pengambilan Pengujian sampel Air Limbah Kolam Lindi TPA, serta Lounching pembuatan Paving blok dari limbah plastik. 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Sayed Mahdi, SP.M.Si. MMA mengatakan," saya
berharap aksi ini bisa dilakukan setiap saat, agar lingkungan bersih. Dalam lingkungan bersih terdapat jiwa yang sehat," Ungkap Sayet Mahdi.

Oleh karna itu, kegiatan ini merupakan sosialisasi gerakan pungut dan pilah sampah melalui WCD yang dilakukan hari ini 19 September 2020.Kadis DLH  mengajak para pedagang dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah secara benar.
Sayet Mahdi menambahkan," Kegiatan hari ini saya mengajak media agar mempublikasikan berita ini agar masyarakat bisa tahu, bisa paham dengan agenda tersebut dan diharapkan masyarakat berpartisipasi aktif dalam memungut dan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya," Jelas Sayet Mahdi.
Oleh sebab itu, sampah dapat dipilah menjadi tiga, yaitu sampah organik yang mudah busuk, kemudian sampah anorgnik yang tidak mudah busuk tetapi masih bisa dijual atau bisa diolah menjadi kreasi lain, dan sampah residu yang menjadi tanggung jawab DLH untuk mengangkut dan mengolah sampah residu di tempat pembuangan akhir.
Sayet Mahdi dihahir mengatakan,"Kami akan melakukan sosialisasi di pasar tradisional, karena pasar merupakan titik berkumpulnya orang banyak,dihahir katanya. Orang bijak buang sampah Pada tempatnya", dan "Cintai bumi kurangi sampah plastik," Dihahir kata  Sayed Mahdi.(Eri Efandi)

Popular Posts