Plt. Gubernur Aceh Tinjau Ruas Jalan Proyek Multiyears 2020-2022 Samarkilang

Bener Meriah-Media Advokasi.com.
Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT  didampingi oleh Anggota DPRA  Alaidin Abu Abbas , Kadis Sosial Provinsi Aceh Drs.H.Alhudri,MM, Kadis PUPR Provinsi Aceh Ir.Fajri,MT, mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah untuk meninjau langsung ruas jalan yang masuk dalam proyek multiyears Tahaun 2020-2022  Samarkilang Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah. Sabtu, 12/9/2020 Sore.

Kedatangan Plt. Gubernur Aceh dan rombongan tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Drs.Haili Yoga,M.Si, Asisten I Drs. Mukhlis, Wakapolres Kompol Maryono , Anggota DPRK  Gumara dan Darussalam serta beberapa Kepala SKPK dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah.

Menurut agenda, kunjungan Plt Gubernur Aceh direncanakan tiba di Samarkilang, Syiah Utama  sekira pukul 17.00 Wib, sore dengan agenda  utama adalah meninjau langsung lokasi proyek multiyears jalan Samarkilang, namun rencana tersebut tidak sesuai dengan agenda semula, ini bukan tanpa alasan, karena medan atau jalan yang di lalui oleh Rombongan Plt. Gubernur itu curam, licin dan ada badan jalan yang longsor akibat guyuran hujan dalam beberapa hari terakhir  sehingga Plt. Gubernur Aceh dan rombongan tiba di Samarkilang Kecamatan Syiah Utma sekira pukul 19.20 Wib dan langsung menuju Masjid Al-Mutaqqin Samar Kilang.
Plt. Gubernur dan rombongan juga sempat  berjalan sejauh 400 Meter dan  berhenti di satu kedai sebelum melanjutkan perjalanan ke Samarkilang, sambil berbincang Plt.Gubernur Aceh membuat Puisi tentang Samarkilang, yang berisikan beberapa bait diantaranya,

 SAMARKILANG, AKU DATANG.

Kata orang ada negeri nun jauh di sana, orang bilang alamnya indah menawan, Banyak gumam ini negeri anugerah, tentu hadiah dari sang Tuhan yang Maha Pencipta.

Jalan berbatu diapit hutan
Gunung di kanan di kiri jurang dalam, Gemericik air mengiringi angin semilir, Guncang roda bak tabuhan gendang, Jalan berlubang bak simponi menghanyutkan.

Wahai negeri aku datang
Rindu kan kujelang
Sumbang kan kuhapus hilang
Samarkilan, aku datang.
Kedatangan Plt. Gubernur dan rombogan di Syiah Utama itu disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat setempat dan memang sangat-ditunggu-tunggu.

Pertemuan antara Plt. Gubernur beserta rombongan dengan masyarakat setempat berlangsung di Masjid Al- Mutaqqin.

Sekretaris Daerah Drs, Hili Yoga, M.Si dalam kata sambutannya menyampaikan, dalam cuaca yang kurang bersahabat dimana, habis kemarau datang Hujan, Masyarakat Samarkilang Merindukan dan sangat menantikan Bapak untuk datang di Samarkilang ini, kata Sekda Haili Yoga.

“Kami mewakili Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah sangat berterimakasih kepada Bapak Plt. Gubernur dan rombongan  dapat berkenan hadir ditempat ini,”

 Ini merupakan suatu jalan dan niat yang suci ditunjukan oleh Allah SWT agar bapak dapat melihat kondisi langsung jalan menuju Samarkilang ini. Semoga dengan datangnya Bapak kesini Proyek Jalan yang sangat dinantikan oleh Masyarakat Samarkilang ini dapat berjalan dengan Baik,” harap Drs.Haili Yoga, M.Si  dalam Sambutannya.


Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh Alhudri dalam kesempatan tersebut mengatakan, saya sangat terkejut ketika Bapak Plt Gubernur meminta kepada saya untuk menemani atau mendampingi  beliau ke Samarkilang ini, ujarnya.

“Saya Sebenarnya sangat terkejut ketika Bapak Gubernur Meminta saya untuk mendampingi ke Samarkilang , 16 Tahun yang lalu saya terakhir datang di tempat yang berbahagia ini. Samarkilang ini sangat bersejarah dan Bertuah,” Ucap Kepala Dinas Sosial yang pernah Menjadi Camat pertama dan  Kemudian Menceritakan Sejarah dari Samarkilang.

Dalam pertemun itu juga, Ketua Forum Reje Kampung Kecamatan Syiah Utama Iskandar mengharapakan, kami mewakili masyarakat Kecamatan Syiah Utama sangat, sanngat dan sangat berharap kepada Bapak Plt. Gubenur, jalan yang akan dibangun mulai dari ujung aspal yang ada sekarang dapat segara diteruskan ke Samarkilang  yang berjarak sekitar 16 Km serta jembatan dan ditembuskan sampai ke Kabuppaten Aceh Timur, harap Iskandar.

“Kami Masyarakat Kecamatan Syiah Utama terkhusus Kampung Samarkilang sangat berharap kepada Gubernur, karena kemarin terdengar isu selentingan bahwa akan terjadi gangguan dari orang-orang yang mungkin bersebarangan dengan kita, membuat kami khawatir Jalan yang sangat kami nantikan akan terjadi gangguan,” ujarnya.

“Harapan kami Pak Plt. Gubernur jangan ada dusta diantara kita kami meminta Jalan yang akan di bangun dimulai dari Ujung jalan Aspal sampai dengan Samarkilang kurang lebih sejauh 16 km dan jembatan yang insyallah akan tembus sampai ke Kabupaten Aceh Timur” Ungkap Ketua Forum Reje Kecamatan Syiah Utama Iskandar yang sekaligus meminta kepada Plt. Gubernur Aceh untuk Merahabilitasi Masjid yang ada di Samarkilang itu.


Terkait dengan harapan  masyarakat Samarkilang Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dalam sambutan dan arahannya mengatakan, tentang pekerjaan pembangunan jalan Samarkilang ini akan segera kita mulai, memang masih ada beda pendapat terkait hal ini mari kita cari dan kita tempuh jalur-jalur yang diizinkan oleh perundang-undangan, kata Nova.

“ Insyaallah pada Awal November Pekerjaan Proyek Pembangunan Jalan ini akan dimulai dan  Saya Mohon  siapapun yang memang masih berbeda pendapat untuk membantu pembangunan jalan ini , apabila ada prosedur yang memang belum sesuai Perundang-undangan , mari kita tempuh jalur-jalur yang diizinkan perundang-undangan, Kepada Masyarakat mendoakan agar Proyek ini Lancar dan tidak terhambat,” jelas Plt. Gubernur Aceh.

“Amanah untuk Pemimpin ialah untuk memimpin Masyarakatnya menuju Kesejahteraan seperti yang kita ketahui bahwa Jalan ialah urat nadi ekonomi kesejahteraan masyarakat, Jalan ini sangat bermanfaat untuk membawa komoditas pertanian yang ada di Samarkilang , Jalan ini harus segera kita selesaikan selambat-lambatnya 2022, “ tegas Ir.Nova Iriansyah, MT.

Dalam kunjunngan kerja ke Kabupaten Bener Meriah Plt. Gubenur beserta rombongan juga meengadakan pertemuan dengan Bupati Tgk. H. Sarkawi di Rumah Dinas Bupati (Pendopo) Bener Meriah. (Pujo/red).

Popular Posts