Muslim SHI Dan Kementrian LHK Menggelar sosialiasi virtual Penanganan Limbah

Aceh Tamiang-Media Advokasi.com.
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bersama anggota DPR RI,Muslim,SHI, MM dari Partai Demokrat dari  pemelihan Dapil II Aceh. Menggelar sosialiasi virtual Penanganan Limbah Infeksius Covid-19 pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fansyankes) yang berlangsung,di aula SKB Karang Batu, Kabupaten Aceh Tamiang.Senin (07/09/2020)
Dalam sosialiasi tersebut, Direktur RSUD Aceh Tamiang, Tengku Dedy Syah yang juga sebagai narasumber menyampaikan," penanganan sampah yang dihasilkan dari pasien covid-19, baik limbah cair dan limbah jenis padat seperti masker bekas, plastik serta beberapa jenis lainnya saat ini ditangani secara khusus," Ungkap Dedy Syah.
Oleh karna itu  penanganan limbah covid-19 ini dilakukan oleh petugas dengan menggunakan fasilitas lengkap, termasuk transportasi pengangkutannya. Namun RSUD Aceh Tamiang hanya menangani pasien Covid-19 bersifat ringan, karena untuk penanganan lebih lanjut dirujuk kerumah sakit yang sudah ditentukan pemerintah Aceh.
Direktur RSUD Aceh Tamiang, Tengku Dedy Syah mengharapkan dukungan dan suport dari Kementrian Lingkungan Hidup RI, dan anggota DPR RI,bapak Muslim agar dapat mengengarkan dan mendukung fasilitas sehingga penanganan sampah dari pasien covid-19 dapat dilakukan lebih baik lagi kedepannya," Terang Dedy Syah.

Pada kesempatan Anggota DPR RI, Muslim SHI,MM dalam kegiatan sosialisasi secara virtual tersebut mengatakan,"sosialisasi ini adalah momentum yang sangat tepat untuk membangun kesadaran, menggagas dan memperkuat kerja sama untuk penanganan limbah pasien covid-19 yang ditangani oleh rumah sakit maupun limbah dari rumah tangga bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri," Ungkap Muslim.
Oleh karna itu Penanganan sampah dari penanganan pasien covid-19 ini harus dilakukan secara baik sehingga tidak memberikan dampak bagi lingkungan. Pihakya merasa saat ini pemerintah daerah atau masyarakat belum serius dan sepenuhnya sadar dalam menangani serta mengelola limbah dimaksud, termasuk kebijakan terkait penanganan limbah ini.

Pada kesempatan yang sama  Sekretaris Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) RI, Sayid Muhadar mengatakan,"saya berharap kepada  masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan, karena virus ini sangat berbahaya.Rumah sakit dapat mengajukan permohonan kepihaknya dan anggota DPR-RI sehingga bisa memberikan dukungan untuk penanganan sampah atau limbah berbahaya," Terang Sayid Muhadar.
Sementara itu,  M. Rizal S.E didampingi Iqbak Mahfudz S.E 
Armijal ST. Selaku panitia pelaksana kegiatan menyampaikan,"sosialiasi ini di ikuti lebih kurang 100 orang peserta dari kalangan mahasiswa, masyarakat dan unsur pemerintahan. Untuk peserta di uala SKB Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 30 orang peserta, kemudian untuk Delapan  kabupaten lainnya di Aceh masing-masing di ikuti oleh 10 peserta secara online,” Ungakap M. Rizal S.E.

Oleh karna itu adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut untuk saling membagi informasi tentang penanganan sampah covid-19 oleh instansi yang menangani pasien covid-19. Melalui sosialisasi ini juga bisa memberikan masukan tentang pengelolaan sampah dan limbah yang dihasilkan dari penanganan pasien Covid-19.(Eri Efandi)

Popular Posts