Ironis Karawang Kawasan Industri Banyak Pengangguran

Bagaimana kalau Anda mendengar kata Kabupaten Karawang. Apa yang terbayang? Mungkin salah satunya adalah Karawang sebagai kawasan industri di mana banyak pabrik besar berada. Mulai dari pabrik makanan dan minuman, otomotif, perkakas rumah tangga, industri properti, dan lain sebagainya. 

Bahkan Kabupaten Karawang diklaim sebagai salah satu daerah industri terbesar se-Asia Tenggara. Namun, ironisnya tingkat pengangguran tenaga kerja lokal di Kabupaten Karawang masih terbilang tinggi.

Ini merupakan isu penting yang harus ditindaklanjuti secara serius. Tentu tidak melarang siapa pun bekerja di Kabupaten Karawang, namun seharusnya ada ruang khusus juga yang diberikan pada pekerja lokal. 

Dalam  persoalan kesempatan kerja bagi warga lokal seyogianya menjadi atensi khusus pemerintah daerah, terutama yang terkait dengan peraturan daerah maupun peraturan Bupati tentang tenaga kerja. Masih banyak disayangkan bahwa dalam peraturan tersebut tidak membahas secara detail aturan tentang kesempatan bagi pekerja lokal.

Di peraturan tersebut, hanya ditulis bahwa perusahaan harus mempekerjakan tenaga kerja lokal sebanyak-banyaknya. Persoalan sebanyak-banyaknya ini seharusnya ada ketentuan yang mengikat, misalkan 60 persen dari jumlah karyawan yang ada atau berapa, harus ada angka pasti. Sekarang kembali kepada warga Karawang bagaimanakah kinerja Pemda Karawang selama 5 tahun dipimpin Bupati Cellica Nurachadiana terkait dengan tenaga kerja lokal, sudah berhasilkah atau belum hanya warga Karawang yang bisa menilai.(Sutiyono Penulis Wartawan Media Advokasi Online)

Popular Posts