Dampak Saluran Air Pasar Di Penuhi Sampah Dikeluhkan Warga

Karawang, MA-Saluran air di samping pasar Pemda 1 Cikampek Kabupaten Karawang, dipenuhi sampah. Hal ini menimbulkan bau busuk yang mengganggu kegiatan warga sekitar khususnya warga Cikampek Selatan. 

Dede Bombom warga Desa Cikampek Selatan mengatakan bahwa Kondisi saluran air di wilayah pasar Pemda 1 Cikampek (ALS) saat musim hujan kian memprihatinkan. Saluran itu dipenuhi sampah buangan dari pasar yang berada di sebelahnya. Akibatnya, bau busuk dari sampah ini mengganggu warga.ungkapnya kepada Media Advokasi.(23/9) 

Tidak adanya perhatian dari pihak pengelola dan Pembersihan saluran sama sekali yang rutin dilakukan hanya mengangkut sampah di jalanan. Sedangkan sampah yang tertumpuk di saluran terkesan dibiarkan.
"Baunya menyengat sekali. Kalau lewat sini, pasti tutup hidung. Soalnya, sangat bau. Kami berharap sampah disaluran air pasar ini segera diangkat karena sangat mengganggu," Katanya.              Sementara Pantauan Media Advokasi bahwa dampak polusi udara sampah pasar Pemda 1 Cikampek Tak hanya membawa dampak buruk bagi lingkungan, polusi sampah dan lingkungan yang kotor juga dapat membawa dampak buruk pada manusia yang tinggal di lingkungan tertentu. Sebagai contoh, polusi sampah diketahui dapat mengakibatkan peningkatan berbagai macam penyakit infeksi saluran pencernaan, sebagainya.

Hal ini disebabkan karena dengan adanya sampah yang menumpuk tanpa di buang ketempat yang selayaknya, binatang pembawa penyakit seperti lalat akan menjadi semakin banyak dan tentu saja, itu bukan satu-satunya dampak buruk lingkungan kotor serta polusi terhadap manusia.

Dampak lain dari lingkungan yang kotor dan polusi sampah terhadap manusia yang sudah semestinya kita cegah yaitu terjadinya gangguan pernafasan. Hal ini bisa terjadi jika solusi yang digunakan untuk mengelola sampah yang menggunung adalah dengan membakarnya.

Sampah yang dibakar, terutama jika sampah yang dimaksud adalah sampah anorganik, dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia yang hidup di dalamnya.

Pengelolaan sampah yang baik tak diragukan lagi menjadi salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan lingkungan mengingat pengelolaan sampah yang buruk akan berakibat pada kotornya lingkungan serta polusi sampah yang tentu saja membawa banyak dampak buruk bagi manusia maupun lingkungan, Sejauhmanakah peranan Pemda Karawang dalam hal ini Dinas lingkungan hidup (DLHK) mensikapi adanya permasalahan ini? Sampai saat ini warga sekitar pasar belum melihat  upaya DLHK Karawang menangani masalah pencemaran sampah tersebut.(yon)

Popular Posts