Untuk Mencipta Makanan Bergizi Pemda Aceh Tamiang Melaksanakan Lomba B2SA

Aceh Tamiang-Media Advokasi.com
Guna menggerakkan program memasyarakatkan makan ikan ( Gemar Ikan) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten menyelenggarakan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) serta lomba masak ikan,di halaman kantor PKK Kecamatan Kota Kualasimpang,Kamis (13/08/20) 

Kegiatan ini tampak lebih sederhana dibanding tahun sebelumnya disebabkan karena pandemi Covid-19 yang belum usai. Walau begitu tidak menyurutkan semangat dan tekad untuk tetap mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan,yang Bertema Mari kita cerdaskan anak bangsa dengan menekan angka stunting, guna mewujudkan SDM yang berkualitas di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Sebelumnya acara di mulai diawali dengan Laporan dari Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Tamiang Safuan, SP. Pada kesempatan mengatakan," 
tujuan lomba ini untuk menumbuhkan pemahaman kepada masyarakat,dalam mengkonsumsi makanan, khususnya ibu rumah tangga dalam menentukan memilih dan menciptakan menu makanan yang bergizi,"Terang Safuan, SP. 
Walaupun peserta lomba diikuti oleh unsur PKK di 12 Kecamatan, semonga selesai kegiatan agar ibu-ibu yang mengikuti perlombaan ini,agar menyampaikan pengetahuan ini kepada ibu-ibu di Kampung (Desa) masing-masing.

Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Tamiang Safuan, SP menambahkan,"perlombaan ini dinilai dalam Lima kriteria yaitu,Inovasi resep baru, Penampilan makanan,Cita rasa, Aman dikonsumsi dan Keterampilan memasak. Sementara ada 2 (dua) kategori yang diperlombakan yaitu lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan,"Jelas nya. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn, yang di wakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Drs. Abdullah mengatakan,"kegiatan ini sangatlah berguna untuk masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan aneka menu pangan berbasis sumber daya lokal yang ada,"Ungkap Drs. Abdullah. 

Oleh karna itu kegiatan lomba diikuti peserta dari unsur PKK di 12 (dua belas) Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Semoga nantinya, kreativitas dan inovasi dari masakan yang diperlombakan hari ini berdampak langsung untuk di rasakan kemasyarakat.

Drs. Abdullah, menambahkan,"
untuk menambah keunikan sekaligus mengangkat kearifan kuliner Aceh Tamiang. Saya menyarankan kepada Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan, semoga mampu mengolah dan menciptakan menu pangan lokal  dengan cara pengolahan yang baik dan juga memunculkan aneka ragam pangan yang memiliki cita rasa yang khas Bumi Muda Sedia,"Harapan Drs. Abdullah. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM mengatakan," olahan ikan sangat membantu mengembangkan kecerdasan anak. Anak merupakan generasi emas,yang harus disupport dengan makanan yang bergizi,"Ungkap Ketua TP-PKK. 

Oleh karna itu kita harus mendukung untuk makanan Bergizi,aga pola kecerdasan emosional dan spiritualnya menjadi yang terbaik. 

Ketua TP-PKK  Dr. Rita Syntia, ST, MM, menambahkan,"saya berharap melalui kegiatan lomba ini, berbagai kreasi yang ditampilkan oleh peserta lomba dapat diterapkan menjadi menu keluarga sehari-harinya,"Harapan Ketua TP-PKK.(Eri Efandi)

Popular Posts