Tenaga Medis Positif Covid 19, Puskesmas Ditutup Buat Sementara.

Pidie Jaya-Media Advokasi.com
Satu tenaga medis di salah satu puskesmas Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, terkonfirmasi covid 19 dengan status positif. Hal itu diutarakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pidie Jaya, Edy Azward, Selasa, 18/08/2020.

Tenaga medis berinisial ND (29 thn) merupakan dokter umum di Puskesmas Blangkuta, Kecamatan Bandar Dua, Kabupten Pidie Jaya, terkomfirmasi positif covid 19, setelah menerima hasil SWAB dari Lab Unsyah, Minggu 16 Agustus 2020.

"Benar, rekan kami dari tenaga medis di puskesmas Blangkuta, terkomfirmasi covid 19 berdasarkan hasil swab dari Lab Unsyiah, yang bersangkutan dinyatakan positif covid 19," ujar Edi.
Dilanjutkan Edi, tenaga medis berinisial ND yang bertugas sebagai dokter umum di Puskesmas Blangkuta, memeriksa sendiri ke lab Unsyiah setelah beberapa kali menguji rapid di Gugus Tugas Pijay, dengan hasil reaktif. Merasa dirinya kurang nyaman, karena ada gangguan pernapasan dan mulut, maka ND memeriksa secara mandiri (berbayar) ke Laboratarium Unsyiah.
Tanggal 16 kemarin, ND dinyatakan positif corona.

Setelah menerima hasil SWAB/ PCR dari Unsyiah, Tim Gugus Tugas Pijay berkoordinasi dengan Dinkes dan Gugus Provinsi, maka sepakat seluruh tenaga medis di puskesmas Blangkuta, juga orang yang pernah kontak erat dengan ND, akan diuji rapid test. Sedangkan ND sendiri saat ini sedang isolasi mandiri.

"Untuk seluruh tim medis di puskesmas tersebut kita dirapid tes dan juga untuk sementara waktu puskesmas akan telah kita Lock Down (tutup). Kepada masyarakat sekitar yang ingin berobat, dianjurkan ke Puskesmas Induk Bandar Dua, di Ulee Gle," jelas Edy.

Selain seorang dokter, juga telah terpapar covid 19 dan meninggal dunia dengan status positif corona viruse disease 2019 (covid 19)
Yaitu,  UI (60 thn) warga Kecamatan Meurah Dua. UI telah dikebumikan tanpa protokol kesehatan, sebab hasil SWAB baru keluar tanggal 17 Agustus kemarin, sedangkan ia meninggal sudah dua hari yang lalu, yaitu tanggal 15 Agustus.

Untuk mengantisipasi merebaknya virus corona akibat penguburan UI non protokol kesehatan, Tim Gugus Tugas Pidie Jaya, melakukan Tracking terhadap warga yang sempat kontak erat dengan almarhum. Sebanyak 25 orang yang dirapid test terkonfirmasi 5 orang reaktif covid. Kesemuanya telah dilakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil SWAB yang sudah dikirim ke Banda Aceh hari ini (18/08-red).

Sampai hari ini, kasus positif covid 19 di Pidie Jaya, sebanyak dua (2) orang.( Ismed )

Popular Posts