Pasar Tradisional Karawang Dilengkapi Wastafel

Karawang, MA- Mengantisipasi wabah virus korona, sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Karawang dilengkapi tempat cuci tangan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang.

"Kini semua pasar sudah terdapat sarana wastafel dimana  memang kita arahkan untuk pasar bersih. Tapi dengan adanya virus korona ini, fasilitas yang ada mulai dibenahi," kata Kepala UPTD Pasar Wilayah II Cikampek Hasan Mahpud. SE saat ditemui Media Advokasi di Tempat Tugasnya(6/8).

Pembenahan dan penambahan fasilitas wastafel itu diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Beberapa pasar di wilayah Cikampek II kini telah dilengkapi tempat cuci antara lain Pasar Cikampek,Wadas, Jatisari, Cilamaya,Cikalong dan Jatiwangi Masing-masing dipasang 4 unit wastafel.
" Untuk jumlah satu pasar kita pasang 4 unit wastafel, "ujar Hasan.
"Setelah terpasang wastafel, kami harap masyarakat ikut menjaga sarana tersebut. Selama ini sering dijumpai wastafel yang rusak. Entah mampet atau kran copot," katanya.

Selain menempatkan wastafel, Disperindag juga akan mengoptimalkan sosialisasi pro-kes kepada pedagang. Sama halnya, sosialisasi ditargetkan ke pasar tergolong besar yakni yang jumlah pengunjungnya banyak. Di antaranya Pasar Cikampek, Cilamaya dan Wadas.

"Disamping itu setiap ada kegiatan yang melibatkan pedagang, kami akan sisipkan materi tentang sosialisasi waspada korona," imbuhnya

Ditengah Pandemi Covid-19 ini, para pedagang diimbau untuk mematuhi protap yang telah diterbitkan oleh Dinas Kesehatan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
Semisal mengenakan masker ketika sakit flu, mencuci tangan setelah memegang daging mentah, dan memakai celemek.pungkasnya (yon)

Popular Posts