Dayah Ullumud Diniyah Blang Pase Sigli Telah Diresmikan Menjadi Dayah Takmiliyah.

Sigli,Aceh-Media Advokasi.com
Dayah ullumud Diniyah Blang Paseh telah  diresmikan menjadi Dayah Takmiliyah tingkat Ulya di Kabupaten pidie,sigli 27-8-2020.

Peresmian Dayah Ullumud Diniyah di hadiri oleh muspika kota Sigli,geucik Blang paseh Khairil Mustapa,Tuha peut dan tgk imum serta dewan pengajar dan seluruh santri.
Cut Humairah salah seorang pemilik yayasan Dayah Ullumud Diniyah berharap adanya perhatian pemerintah Kabupaten Pidie terhadap yayasan ini.mengingat yayasan ini didirikan sebelum indonesia merdeka sekitar tahun 1930 dan menjadi cikal bakal berdirinya beberapa lembaga pendidikan islam lainnya di kabupaten Pidie
Menurut Cut Humairah, Dayah Ullumud Diniyah ini didirikan oleh ayahcik beliau almarhum Teuku Ibrahim Bentara Pineung bersama seluruh keluarga Uleebalang dengan tujuan untuk membangun pergerakan menuju Indonesia merdeka.

Sementara itu, menurut Abdullah Kemenag Kabupaten Pidie. Dayah Ullumud Diniyah ini telah melahirkan tokoh tokoh perjuangan Revolusioner di Aceh, seperti Tgk Muhammad Hasan Ditiro dan Tgk Muhammad Daud Beeureuh pun pernah mengecap pendidikan di Dayah ini.

Pemerintah Kabupaten Pidie sangat mengapresiasi Dayah Ullumud Diniyah Blang Paseh yang telah dirismikan menjadi Dayah Takmiliyah Tingkat Ulya, yang nantinya diharapkan akan mampu menciptakan generasi generasi Qur'ani.
Dayah Ullumud Diniyah diresmikan oleh Kabid pendidikan Dayah dan Pondok pesantren kantor Kemenag Aceh Drs.H.Maiyusri M Ag. Dalam peresmian tersebut Drs.H.Maiyusri
harapan, Dayah Ullumud Diniyah ini bisa menjadi Dayah modern terpadu dan untuk seluruh santri.

Disamping itu Drs.H. Maiyusri berpesan untuk dewan pengajar, agar Dayah ini menjadi wadah pendidikan yang memiliki rasa Qur'ani sebagai pedoman berakhlagul karimah, dan iya berjanji akan kembali hadir di Dayah Diniyah ini saat dilaksanakan wisuda para santri nantinya.(Tepa)

Popular Posts