Covid-19 Mulai Reda Disdikbud Singkil Upayakan Pembenahan Proses Belajar Tatap Muka

Kabid Pendidikan dasar dan Menengah Disdikbud Kabupaten Aceh Singkil Murmo (Foto: ist/ Ahmad)

Aceh Singkil Media Advokasi.com 
Pasca pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil upayakan pembenahan proses belajar tatap muka 

Kabid Pendidikan dasar dan menengah Murmo, Senin (24/8) kepada wartawan mengatakan situasi pandemi Covid-19 sepekan ini cukup membuat macet sebagaimana yang sudah direncanakan dalam era new normal 

"Pasca sesaat new normal yang masuk rancangan untuk sekolah tatap muka tingkat SMP, namun kembali libur sekolah akibat situasi pandemi sebagaimana info yang beredar, harap dimaklumi juga",ujarnya melalui telepon seluler. 

Pihaknya juga mengaku sejumlah wali murid mempertanyakan anak-anak kapan kembali sekolah, dan kenapa diliburkan kembali, karena orang tua kebanyakan terhalang mencari nafkah akibat mendampingi anak untuk belajar daring atau online. 

Murmo juga akui, belajar secara daring yang mempunyai kewenangan orang tua pendamping, sedangkan guru-guru sekolah hanya memberikan materi. Kalau tidak tau tentu orang tua yang jadi sasaran pertanyaan. Kalau disekolah tentu guru yang ditanya. 

Dikatakan Murmo, belajar daring belum maksimal untuk anak-anak sekolah, walau lengkap fasilitasnya. Bahkan 97 persen daring itu tidak efektif, butuh penyesuaian lama. 

"Seyogyanya anak-anak itu belajar diawasi oleh guru sekolah, sambil menasehati jadi ada nilai karakter, tidak serta merta orang tua terbebani",ujarnya.

Bayangkan saja, sudah berbulan-bulan orang tua terbebani untuk mendampingi anak belajar daring dirumah, dan tentunya bagi orang tua yang emosinya tinggi tentu berpengaruh untuk karakter psikologis anak bila tidak diimbangi dengan guru sekolah. 

Jadi pada intinya mengingat situasi saat ini, bukan lagi menuntaskan kurikulum dan kualitas pendidikan anak, namun upaya pembelajaran harus terus diupayakan untuk regenerasi. 

Sehingga dalam hal ini pihaknya akan melakukan rapat pemberlakuan sekolah tatap muka pada Rabu (26/8/2020) mendatang. Dalam rapat akan dibahas upaya sekolah tatap muka seperti apa karena sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) itu dilkaksanakan pada bulan September. 

Di bulan September ini nanti kita upayakan untuk belajar tatap muka bagaimana skemanya tetap menjalankan protokol kesehatan, yang mudah-mudahan berjalan lancar terus kedepannya. (Ahmad)

Popular Posts