Bupati Singkil Disuguhkan Gedah Sagu Saat Resmikan Posko Tangguh Nusantara

Keterangan foto: Gedah Sagu Makan khas Aceh Singkil hendak di Suguhkan Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Sabtu (8/8).

Aceh Singkil-Media Advokasi.com
Guna menyemangati masyarakat dan sebagai bentuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 Bupati Aceh Singkil Dulmusrid resmikan posko Kampung Tangguh Nusantara di Desa Takal Pasir, Kecamatan Singkil, Kabupaten, Aceh Singkil. 

Sebelum meresmikan posko Bupati  terlebih dahulu meninjau lahan pertanian/perkebunan di Desa Takal Pasir lama, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil menggunakan Perahu Robin bersama rombongan guna meningkatkan ketahanan pangan kawasan itu. Sabtu (8/8/2020). 
Bupati Aceh Singkil Dulmusrid beserta rombongan saat Cicipi Gedah Sagu di Desa Takal Pasir.

Peninjauan lahan pertanian Kampung Tangguh itu, turut dihadiri Dandim 0109/Aceh Singkil diwakili Letda Inf Munap, Kapolres Aceh Singkil diwakili Kasat Bimas AKP Erijal Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Azwir, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holticultura, dan Peternakan Kuatno, Perwakilah Kejari Singkil Dahnial, Camat Singkil Sopian, Sekertaris Camat Singkil Mansurdin dan para undangan lainnya.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, mengucapkan dalam pidatonya, sangat gembira atas sambutan perangkat kampung dan suguhan makanan tradisional, berupa Gedah sagu yang disiapkan masyarakat.

"Menu makanan ini sangat nikmat apalagi di campur dengan kuah ikan lele, sungguh mengundang selera, "Ujarnya.
Keterangan foto: Bupati Aceh Singkil Dulmusrid saat resmikan posko Kampung Tangguh Nusantara yang ditandai pengguntingan pita.

Terkait terpilihnya Desa Takal pasir telah menjadikan Kampung Tangguh Nusantara, diharapkan, kata Dulmusrid, dalam permasalahan, menghadapi Pandemik COVID-19 dan persoalan ekonomi. Masyarakatnya juga diharap untuk dapat menjadi tangguh, yakni dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Saya berharap perangkat desa meningkatkan perhatiannya atas pentingnya protokol Kesehatan sesuai anjuran. Kalau bisa dalam suasana Pandemi, dianjurkan tidak bersalaman agar indikasi virus, tidak mudah tertular. 

“Kemudian terkait penanganan banjir untuk pembangunan tanggul raksasa Pemda berupaya semaksimal mungkin baik secara proporsional, sudah diajukan, dan kendala ganti rugi tanah. Sedang dikoordinasikan dengan pihak Dinas PUPR, sepanjang kurang lebih 2 KM”, kata Dulmusrid.

Namun, jelas Dulmusrid, berhubung COVID-19 banyak kegiatan fisik dialihkan, termasuk dana desa untuk mencegah penanganan COVID-19. Seluruh masyarakat lainnya juga mengharapkan segera terealisasi.

“Insya Allah tahun anggaran 2021 pembangunan tanggul raksasa untuk penanganan banjir yang kerap melanda pertanian dan kebun di kampung lama Takal Pasir, midah mudahan, segera terealisasi”,ujarnya.

“Saya berharap Dinas Tanaman Pangan, Dinas Perkebunan dan Dinas PUPR berkolaborasi untuk penanganan pembangunan tanggul itu”, tambahnya.

Sebelumnya Camat Singkil Sopian dan Keuchik Takal Pasir memaparkan atas kedatangan Bupati, dapat membawa keberkahan.

Dan dapat berupaya memaksimalkan kebijakan pembangunannya dalam hal penanganan banjir yang tidak dapat diprediksi dikampung tangguh itu.

Acara berlangsung aman dan lancar. Selanjutnya Bupati Aceh Singkil Dulmusrid meresmikan Posko Kampung Tangguh Nusantara Desa Takal Pasir, yang ditandai dengan pengguntingan pita.(Ahmad)

Popular Posts