Tangap Bencana Banjir Rendam di 9 Kecamatan di Aceh Selatan, Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan

Aceh Selatan-Media Advokasi.com
Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik berupa sandang pangan untuk masyarakat korban banjir di 9 (sembilan) kecamatan di Aceh Selatan, Kamis (30/7/2020). 

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di halaman kantor bupati setempat. Turut hadir Kepala Dinas Sosial Aceh Selatan, Zubir Efendi.
Mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Kasi PSKBA Yanyan Rahmat mengatakan, sesuai dengan informasi atas bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Aceh Selatan, atas perintah Plt Gubernur Aceh pihaknya langsung mengantarkan bantuan masa panik untuk tahap awal.

"Hari ini kami membawa bantuan awal berupa sandang dan pangan nanti jika ada kekurangan akan kita tambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan. Semoga dapat meringankan beban warga masyarakat yang terkena musibah banjir," kata Yanyan Rahmat.
Sementara itu, Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh atas bantuan yang telah diantarkan melalui Dinas Sosial Aceh. 

Dia menilai, ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Aceh kepada warganya yang menjadi korban bencana banjir akibat intensitas curah hujan  yang tinggi sejak beberapa hari terakhir. 

Kendati di beberapa titik banjir sudah mulai surut, namun informasi yang diperolehnya masih ada gampong yang belum bisa dilewati dengan kendaraan bermotor.
"Saya dapat kabar Gampong Kuta Bahagia  belum bisa dilewati motor untuk ke kedai Bakongan. Semoga saja warga kita yang ditimpa musibah, apalagi besok sudah memasuki Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah diberikan ketabahan oleh Allah SWT," katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, Tgk Amran mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan juga Kepada Dinas Sosial Aceh. Tgk Amran mengatakan akan segera menyalurkan bantuan tersebut ke masyarakat korban banjir.

"Karena meskipun dalam suasana meugang pihak Dinas Sosial Aceh sudah sampai kemari untuk menyalurkan bantuan, dan akan segera kita salurkan kepada masyarakat, apalagi ini dalam suasana meugang," ujarnya.

Bupati Amran juga  mengucapkan terimakasih kepada pilar-pilar kesejahteraan sosial di Aceh Selatan yang dinilai berjasa dalam mendampingi  masyarakat tempat mereka bertugas.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para Tagana, TKSK, dan pilar-pilar kesejahteraan lainnya yang dalam mendampingi masyarakat sering mendapat kendala di lapangan," katanya.

Untuk diketahui, banjir yang melanda akibat intensitas hujan lebat tersebut merendam sejumlah 
gampong di 9 kecamatan tersebut adalah, di Kecamatan Bakongan terdiri dari Gampong Drien, Gampong Ujung Padang, Gampong Keude Bakongan, Gampong Baro, dan Gampong Darul Isan.

Kecamatan Kluet Utara terdiri dari Gampong Krueng Kluet, Gampong Keudai Padang, Gampong Pulo Ie, Gampong Kampung Tinggi, Gampong Pulo Kambing, Gampong Simpang Lhee, dan Gampong Gunung Pulo.

Kecamatan Kota Bahagia terdiri dari Gampong Bukit Gadeng, Gampong Seumebok Keranji, Gampong Rambong, Gampong Ujung Gunung Rayeuk, Gampong Betong, Gampong Jambo Keupok, Gampong Ujung Gunung Cut, Gampong Ujung Tanoh, dan Gampong Alur Dua mas.

Kecamatan Trumon Tengah terdiri dari Gampong Teungoh, Gampong Cot Bayu, Gampong Ladang Rimba, Gampong Gunung Kapo, dan Gampong Pulo Paya.

Kecamatan Kluet Selatan, banjir melanda Gampong Ujung Pasir. Di Kecamatan Kluet Timur, banjir melanda Gampong Lawe Buluh Didi, Gampong Lawe Sawah, Gampong Lawe Cimanok, dan Gampong Pucuk Lembang.

Kecamatan Meukek, banjir melanda Gampong Buket Meuh, Gampong Drien Jalo, dan Gampong Ie Dingien. Di Kecamatan Pasie Raja banjir melanda Gampong Paya Teuk, Gampong Mata Ie, Gampong Panton Bili, Gampong Ladang Tuha, Gampong Ujung padang Asahan, Gampong Ie Mirah, Gampong Silolo, dan Gampong Pante Raja.

Sementara itu banjir juga melanda Kecamatan Bakongan Timur di Gampong  Pasie Sibadeh, Gampong Ujung Pulo Rayeuk. Di Kecamatan Tapaktuan yang melanda Gampong Lhok Bengkuang.[]

Popular Posts