Sempat Ditunda Karena Pandemi, Tim Kader Dakwah Trainingkan Teungku Dayah

Bireuen,Aceh-Media Advokasi.com
Sering disebut dengan Calon Dakwah atau Kader Dakwah yang sudah berlanjut setengah tahun dan sudah melahirkan sekitar 200 orang calon pendakwah dalam semua aspek.

Training Kader Dakwah (TKD) dibawah Bimbingan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) sempat tertuda karena pandemi Covid-19 dan tepat pada hari ini Tim Kader Dakwah Trainingkan Teungku Dayah dari 3 Dayah yang berada di Kabupaten Bireuen Senin (13/7).
Sebelumnya, Calon Kader Dakwah hadir dari pemuda gampong yang sudah ditrainingkan 5 gampong Se-Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen dan sudah hadir dibeberapa pertemuan evaluasi dan silaturrahmi.

Training bertema "Melahirkan Teungku Dayah Yang Berdakwah Dengan Hati" berlangsung di Aula SMP Assalam Islamic Shcool komplek dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb. 30 Peserta ikut hadir dengan bimbingan para pemanteri dari Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb.
Tgk. Saifuddin mengatakan, training kali ini dimulai dari arah berbeda, tambahan
para peserta merupakan teungku- teungku dayah yang masih aktif dalam aktifitas di dayah masing. Peserta dipilih 4 dayah yaitu dayah Mudi Mesra samalanga, Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, Rauhul Mudi Al Aziziyah dan Dhiyaulhaq Al Aziziyah. Adapun peserta dari Dayah Rauhul Mudi Al Aziziyah berhalangan untuk hadir karena musibah yang sedang dialami saat ini.

kami mentrainingkan orang yang sering berdakwah bahkan ada yang sudah menjadi Khatib Jum'at, akan tetapi pendakwah harus memahami beberap konsep penting untuk menjadi pendakwah yang benar maka kami hadir bersama-sama mendiskusi mencari yang lebih baik.

"Tengku-tengku dayah juga perlu bersinergi aktif berpikir dan menyelesaikan masalah dengan mencari solusi terbaik dalam sesama pendakwah". Kata Tgk. Saifuddin

Hal serupa juga dipaparkan oleh Tgk. Zulkarnaini bahwa kekompakan tengku dayah bisa memberi efek besar dalam dakwah, menjadi dakwah ladang pemahaman dalam setiap bidang tanpa hanya di atas mimbar. Banyak lahir pendakwah tanpa kearifan tata cara berdakwah hingga dakwah melemah.

"Untuk training selanjutnya, pihak Trainer Kader Dakwah mengharapkan partisipan dari dayah lain yang bisa dibimbing untuk menjadi trainer dalam rangka membumiluaskan dakwah dalam masyarakat", Harap Tgk Zulkarnaini. (Ikram)

Popular Posts