Saluran Induk Irigasi Yang Tersumbat di Pusat Kota Meureudu, Dibersihkan

Kapolsek Meureudu bersama Babinsa Bersihkan Saluran Air yg tersumbat di pusat Kota Meureudu.

Pidie Jaya,Aceh-Media Advokasi.com
Puluhan hektar sawah di seputaran kota meureudu terancam kering karena saluran air yang bersumber dari irigasi Krueng Meureudu, tersumbat di beberapa titik, terutama di Keudee Meureudu. Akibatnya masyarakat yang bertani di Persawahan Gampong Meunasah Balek dan Meuraksa menggelar musyawarah serta mengajukan permohonan kepada camat setempat untuk melakukan normalisasi saluran induk air yang mengalir ke sawah mereka.
Kapolsek Meureudu M Yunus bagikan sembako kepada duafa

Paska musyawarah yang ditandatangani Keujruen Blang Meunasah Balek dan Meuraksa, muspika setempat bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, langsung melakukan pembersihan parit saluran yang menghubungkan irigasi Meureudu dengan persawahan Meunasah Balek dan Meuraksa, Kamis, 02/07/2020. 

Pembersihan tersebut dilakukan muspika Kecamatan Meueudu (Camat, Polsek, Babinsa Koramil Meueudu), dinas PU, Kejari, dan Satpol PP.
Satu unit alat berat (beko) dikerahkan PU Pijay dan beberapa unit dum truck untuk mengangkut, sampah yang tertimbun di saluran.

Polsek Meureudu dan Babinsa juga ikut melakukan pekerjaan pembersihan, bahkan Satlantas Pidie Jaya juga melakukan pengamanan lalu lintas karena parit saluran yang tersumbat berada dekat Bundaran pusat Kota Meureudu.

Kapolres Pidie Jaya Musbagh Ni'am melalui Kapolsek Meureudu Ipda M Yunus kepada media ini mengatakan pembersihan tersebut dilakukan karena permohonan para petani Meunasah Balek dan Meuraksa yang kekurangan air sawah akibat salurannya tersumbat.

"Berdasarkan hasil musyawarah para keujruen Blang yang ditujukan kepada Camat Meureudu berupa Permohonan Normalisasi Saluran Induk Air Sawah, dengan nomor 216/282/472/2020, maka pihaknya langsung melakukan pembersihan (normalisasi)," jelas Kapolsek Meureudu.

Selain melakukan pengamanan kerja pembersihan Saluran Air, kapolsek Meureudu juga membagi-bagi sembako kepada kaum duafa, yang dilakukan di Keude Meureudu.

"Iya, bersamaan dengan pembersihan saluran air, kita juga membagi sembako kepada kaum duafa, hal ini kita lakukan dalam rangka HUTRI BHAYANGKARA KE 74, semoga bisa bermanfaat, terutama kaum duafa dan fakir miskin," pungkas Kapolsek Meureudu.(Ismed)

Popular Posts