Pandemi Covid-19 Pedagang Bunga Kena Dampaknya

Purwakarta,MA- Pandemi Corona yang kian mengkhawatirkan beberapa waktu belakangan ini, berdampak pada semua sektor ekonomi, termasuk pedagang bunga di Kabupaten Purwakarta.
Di Desa Cibungur Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, sebagai salah satu sentra penjual bunga dan tanaman hias.

Berbagai jenis bunga seperti mawar,kastuba, aster, krissa,karnesen, snapdragon, Aglonema, bonsay dan jenis bunga lainnya.

Sebulan belakangan, para pedagang bunga ini kehilangan pangsa pasarnya. Bahkan para pedagang harus menanggung kerugian puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya.

"Kalau untuk perdagangan bunga kini sedang sepi sejak adanya COVID-19 benar-benar mati tidak ada permintaan," ungkap Erna salah seorang pedagang bunga Gibran Flower, saat ditemui, Minggu (19/7/2020).

Ia pun cukup kesulitan mengakali kondisi pasar saat ini. Sementara perawatan bunga butuh biaya yang tidak sedikit dan jika dibiarkan bunga-bunga akan mati dengan sendirinya.

"Ya kalau sekarang bunga dibiarkan begitu saja di kebun, daripada untuk perawatan bunga lebih untuk kebutuhan sehari-hari saja," ujarnya.

Ia berharap, wabah COVID-19 bisa segera berakhir agar pasar bunga bisa kembali normal seperti biasanya. "Semoga wabah ini cepat berakhir, karena imbasnya bukan kepada para pedagang bunga saja tapi juga ke semua lapisan masyarakat," pungkasnya.(fauzi)

Popular Posts