Bangkitkan Semangat Kepala Desa Dalam Menggali Potensi Dengan Cara Rakor di Wisata Lae Treup Singkil

Keterangan foto: Bupati Aceh Singkil Dulmusrid beserta rombongan dan peserta Rakor dalam Kecamatan Singkil dalam perjalanan menuju Destinasi wisata Lae Treup menggunakan Boat, Selasa (7/7)

Aceh Singkil-Media Advokasi.com
Pemerintahan Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh menggelar rapat koordinasi (Rakor)  dan evaluasi yang kedua dalam kemukiman, Rantau Gedang di Destinasi wisata Lae Treup selasa (7/7/2020).

Kegiatan yang digelar diruangan terbuka itu digelar secara sederhana. Para pesertanya bernaung tenda teratak dan berlandaskan tikar diatas rumput dan juga ada sebagian diatas Boad sembari menikmati panorama alami di wisata Lae Treup. 
Keterangan foto: Bupati Aceh Singkil Dulmusrid Ketika sampaikan Kata sambutan sekaligus membuka acara Rakor di Lae Treup.

Selain di hadiri Bupati Aceh Singkil Dulmusrid.dengan mengusung tema keindahan alam ini juga dihadiri oleh unsur SKPK, Muspika, Para Imuem Mukim, Kepala Desa, BPG dan ratusan undangan lainnya.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dalam pidatonya sekaligus membuka rapat koordinasi ke dua dalam Kecamatan Singkil mengucapkan merasa bangga telah kembali berkunjung ke wisata Lae Treup dalam rangka mengikuti rakor. yang hari itu melakukan survei bersama Dirjen kementerian Menko Maritim untuk melihat langsung daerah rawa Lae Treup. 

"Daerah destinasi wisata Lae Treup ini masih utuh marga satwanya, serta alamnya. Jadi mari kita jaga dan lestarikan sehingga nantinya wisata ini dapat menggenjot perekonomian masyarakat sekitar, " Ujarnya. 

Dulmusrid mengharapkan agar Dinas terkait dan para penggiat wisata ikut mendorong majunya Destinasi Wisata Lae Treup. 

"Ada dua destinasi wisata yang dimintai wisata asing di Aceh Singkil, Kepulauan Banyak dan Rawa Singkil," Kata Dulmusrid. 

Dulmusrid juga meminta desa di Kecamatan Singkil,  untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) gabungan untuk mengelola destinasi wisata Rawa Singkil.

Untuk itu masyarakatnya juga harus siap dalam mengembangkan wisata. Misalnya menyediakan kuliner khas Singkil.

Sehingga wisatawan tak hanya menikmati alam, tetapi kuliner yang hanya ada di Aceh Singkil, "Tuturnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Azwir mengatakan, rakor ini merupakan inisiasi dari pak Camat dan seluruh Kepala Desa dalam Kecamatan Singkil, dimana pertama sekali dilakukan di Kuala Gabi atau Pulo Sarok dan ini yang kedua dilakukan di Lae Treup. 

"Hal ini dilakukan di destinasi wisata guna membangkitkan semangat kepala desa dalam menggali potensi, " Jelasnya. 

Disisi lain Azwir menyampaikan dalam penyaluran Bantuan langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dalam Kecamatan Singkil  baru 14 Desa yang menyalurkan sementara 2 Desa Lagi belum, "Ujarnya

Azwir berharap  kepada Pak Camat Kecamatan Singkil agar dapat segera direalisasikan pembagian BLT DD ini sehingga dapat tersalur, " Harapnya. 

Sementara  Camat Singkil Sopian dalam pidatonya mengatakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi Kemukiman Rantau Gedang dalam Kecamatan Singkil ini sudah dilakukan dua kali, sebelumnya rakor tersebut dilakukan di Wisata Baru yakni Pulau Gabi tepatnya di Desa Pulau Sarok. 

"Rakor dilakukan dalam satu tahun empat kali, alhamdulillah rapat koordinasi dan sekaligus evaluasi sudah dilakukan dua kali. acara ini terselenggara berkat dukungan para -para Kepala Desa dalam Kecamatan Singkil," Ujarnya. 

Sopian mengatakan tujuan kegiatan ini di lakukan di wisata Lae Treup guna membesarkan atau mengangkat daerah ini menjadi wisata. 

Da juga menunjukkan bahwa pemerintah Kecamatan dan desa itu akrab dan kompak untuk bersatu, sehingga dari hari ini dan kedepan kecamatan Singkil sebagai ibu kota kabupaten  akan kami jadikan percontohan  dalam pengelolaan dana desa, "Pungkasnya. (Ahmad)

Popular Posts