TA Khalid: Persoalan Sapi Kurus Saree Harus Segera Ada Solusinya

Keterangan Photo : TA Khalid bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo setelah mengikuti Rapat Kerja Kementan dengan Komisi IV DPR RI di Gedung Nusantara II Senayan Jakarta pada Januari 2020

Banda Aceh - Media Advokasi.com
Anggota Komisi IV DPRRI Ir H TA Khalid, MM meminta Pemerintah Aceh tidak perlu berbalas pantun mencari pembenaran untuk meyakinkan publik dimedsos atas viralnya Sapi kurus di UPTD IBI Saree, tapi Pemerintah Aceh harus segera mencarikan solusi penyelesaian secara Cerdas, konkrit dan terukur terhadap permasalahan sapi malnutrisi (kurus) di Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Inseminasi Buatan dan Inkubator (IBI) Saree Kabupaten Aceh Besar.

Hal tersebut disampaikan Ir. H. TA Khalid, MM, Sabtu (6/6/2020), menyikapi kasus sapi malnutrisi (kurus) yang saat ini sedang viral di media sosial dan jadi pembicaraan luas di masyarakat Aceh.
Menurut TA.Khalid, langkah utama yang harus segera dilakukan Pemerintah Aceh adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara konfrehensif dan menyeluruh terhadap semua sapi tersebut agar mendapatkan kepastian apakah sapi-sapi tersebut sudah terjangkit Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) atau tidak, sebelum dikeluarkan dari UPTD IBI Saree.

Jika hasil pemeriksaan sapi-sapi tersebut tidak terjangkit penyakit PHMS, maka segera dibuat skema dan regulasinya agar dapat diserahkan kepada masyarakat atau kelompok-kelompok ternak yang sudah berpengalaman dalam pengembangan sapi. Tegas TA.Khalid

TA Khalid juga mengharapkan agar UPTD IBI Saree yang merupakan sarana Pendidikan dan Pembenihan Induk Sapi jangan jadikan tempat pengembangan sapi, Apalagi sumber pakan/Lahan Hijauan Ternak (HMT) di UPTD IBI Saree sangat terbatas, sehingga saat populasi sapi semakin banyak akan kewalahan dalam menyediakan pakannya, seperti yang menjadi masalah saat ini.

"Tidak perlu saling menyalahkan dan mencarikan kambing hitam. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana mencari solusi secara cepat, tepat dan terukur agar permasalah sapi kurus di UPTD IBI Saree segera terselesaikan", tutup Anggota Komisi IV DPRRI TA Khalid yang juga Ketua DPD Gerindra Aceh(A)

Popular Posts