Program Padat Karya Tunai Desa Teluk Rumbia Singkil Bersihakan Parit Sepanjang 5,5 KM

Aceh Singkil-Media Advokasi.com
Desa Teluk Rumbia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil bersihkan parit  jalan proyek 21 M dengan menggunakan Program Padat Karya Tunai. 

Amrul Badri Kaur Pemerintahan Desa Teluk Rumbia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil Senin (1/5/2020) kepada wartawan mengatakan  sesuai musyawarah di desa beberapa hari yang lalu, bahwa kegiatan padat karya tunai disa teluk rumbia dengan cara pembersihan parit di jalan singkil teluk rumbia dengan panjang sekitar 5,5 Kilometer (KM), "

"Kegiatan padat karya tunai tersebut melibatkan  pihak masyarakat setempat dengan membersihkan parit proyek 21 (Jalan Singkil Teluk Rumbia) masing-masing Kepala Keluarga (KK) mengerjakan sepanjang 18 meter," Kata Amrul Badri. 

Kata Amrul Desa Yang bermukiman di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) itu dihuni 244 Kepala Keluarga (KK) atau 1300 Jiwa penduduk yang mayoritas berprofesi Nelayan Sungai dan sebagian tukang bangunan. Antusiasnya sangat banyak. 

"Alhamdulillah sejak dilakukannya program padat karya tunai di Desa Teluk Rumbia mulai hari minggu (31/5) kemarin sampai hari ini Senin (1/6) sudah hampir sekitar 150 KK yang turun untuk berkerja. Namun yang lain akan menyusul karena kegiatan padat karya tersebut akan dilakukan selama 5 hari," ungkap Amrul. 

"Memang di Desa Kami tidak ada yang terjangkit virus Corona (Covid-19). Namun Dampaknya cukup dirasakan masyarakat dari Ekonomi dan masih banyak lagi Usaha-usaha terputus. 

Kalau terputus langsung memang tidak, namun daya beli masyarakat di desa setempat sudah berkurang. 

Jadi dengan adanya program padat karya tunai di desa Teluk Rumbia tersebut masyarakat merasa terbantulah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari," Uajarnya. 

"Disamping itu pada bulan Mei lalu Pemerintah Desa Teluk Rumbia telah salurkan Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa bagi masyarakat miskin yang tidak menerima bantuan apapun seperti PKH, BPNT dan BST. 

BLT tersebut kami Cairkan sebanyak dua bulan yakni April dan dan Mei. Dengan demikian kami berharap mudah-mudahan masyarakat Teluk Rumbia dapat terbantu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, "Pungkasnya. (Ahmad)

Popular Posts