Plh. Bupati Bener Meriah Lakukan Kunjungan Kerja Ke KAT 41 Dusun Lembah Terang Pantan Sinaku,

Bener Meriah-Media Asvokasi.com
Pemerintah Kabupaten Bener Meriah terus meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, mulai dari pusat ibukota Kabupaten sampai kepelosok daearah terpencil sekalipun atau yang kita kenal dengan Komunitas  Adat Terpencil (KAT). Salah satu program pemberdayaan dari pemerintah Kabupaten Bener Meriah adalah program pemberdayaan Komunitas  Adat Terpencil di Rumah KAT 41  Dusun Lembah Terang Kampung Pantan Sinaku Kecamatan Pintu Rime Gayo yang digagas oleh Lemabaga Peduli Dhuafa Indonesia (LDPI) Provinsi Aceh.
Plh. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si beserta rombongan melakukan kunjungan kerja dan melihat secara langsung kondisi masyarakat yang berada di Rumah KAT 41 Dusun Lembah Terang Kampung Sinaku Kecamatan Pintu Rime Gayo dan melakukan beberapa kegiatan di Rumah KAT 41 setempat, Rabu, 10/6/2020.

Plh. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan,  Rumah KAT 41 yang terletak di Dususn Lembah Terang Kampung Sinaku ini merupakan salah satu kampung yang memiliki potensi yang cukup bagus, namun kita harus memberdayakan masyarakatnya dengan berbagai program dan edukasi kepada warga,  fenomena yang terjadi adalah terbatasnya pelayanan umum seperti sarana jalan, penerangan, posyandu, Pendidikan, sarana  ibadah dan lainnya dan  pelayan sosial yang belum optimal, dengan  keadaan itu  menjadikan Kampung Sinaku sebagai sasaran program komunitas  Adat Terpencil, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah sangat berterima kasih yang sangat tulus serta apresiasi yang tinggi kepada LPDI, ungkap Plh. Bupati.
Kata Plh. Bupati sambil menyampaikan pesan Nabi Muhammad, Saw “Apabila nanti datang saudaramu berkunjung sekaligus membantu maka hargailah itu”, ungkap Haili Yoga.

“Saya berharap, kalau sudah diberikan tempat (Rumah) jangan sampai tidak ditempati atau dihuni karena ini akan berefek kapada daerah lain yang akan mendapatkan program serupa, dan kepada Reje Kampung jangan ada dusta diantara kita,” pesan Plh. Bupati.

Sambung Drs. Haili Yoga, M.Si, datanya harus lengkap, dan apa yang telah diberikan harus kita syukuri, karena  dengan cara itulah kita berterima kasih, imbuhnya.

“Pada hari ini kami datang dengan memboyong para Kadis terkait, seperti Kadis Sosisl Almanar, SE, Kadis Pendidikan Sukur, S.Pd, M.Pd, Kadis Perhubungan Abdul Gani, SP, M.Si, Kadis PUPR Erwin, ST, M.Si, Kadis Syariat Islam Taslim, S.Ag, M.Sos, Kepala Badan Pengelolah Keuangan, Kekayaan dan Aset Ermansyah, SE, M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd, MM, para Kadis yang hadir ini biar mendukung semua program di Kampung ini,” tegas Plh Bupati.

“Khusus kepada LPDI Provinsi Aceh Musfendi AR, kami tersentuh apa yang telah bapak perbuat dan apa yang telah bapak sampaikan, tidak ada program yang secara tiba-tiba tetapi semua melalui proses,” ungkapnya.

Plh. Bupati sangat berpesan kepada Reje, supaya terus mendata warga dengan seksama, jaga kebersihan, dan Plh. Bupati juga menjelaskan dan mengajak warga setempat untuk mendukung Program Ketahanan Pangan dengan gerakan “Ayo menanam”, tandasnya.

"Kita berharap dengan program ini, ada perubahan sikap, perilaku, dan nilai-nilai dengan tetap mendayagunakan dan memelihara nilai-nilai kearifan lokal," katanya.

Plh. Bupati memintanya kepada warga dan Reje Kampung Pantan Sinaku  agar bersinergi untuk membangun Kampung  tanpa saling memfitnah, sehingga pembangunan berjalan aman lancar demi terwujudnya kesejahteraan rakyat di Rumah KAT 41 ini, “Plh. Bupati Menambahkan.. 

Terakahir Plh. Bupati  Bener Meriah itu juga mengajak seluruh warga untuk mendo’akan Bapak Bupati agar cepat sembuh dan bisa kembali dan melanjutkan tugas-tugasnya, amiiin, ajak Drs. Haili Yoga, M.Si.

Sementara Reje Kampung  Pantan Sinaku Subur dalam kesempatan tersebut melaporkan, KAT (Komunitas Adat Terpencil), Kampung Pantan Sinaku yang bediri tahun 1994 tapi belum defenitif, pada tahun 2002 sudah didefenitfkan, inilah Rumah KAT 41 yang merupakan bantuan dari dari Kemensos RI, jelas Subur.

“Ini merupakan program dari Indomaret 4 item, 1. MCK di 4 titik, 2. Pembangunan Balai Sosial, 3. Sarana Air Bersih dan 4. KAT dari Provinsi dan Pusat,” jelas Reje Kampung Subur
Adapun kegiatan Plh. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si di Rumah KAT 41 Dusun Lembah Terang Kampung Panta Sinaku adalah, Peletakan Batu Pertama Pemabangunan Balai Sosial Rumah KAT 41 dan Penanaman Bibit Alpukat yang semuanya merupakan bantuan dari Indomaret serta Pembagian Sembako Bantuan dari Bank Indonesia kepada warga setempat secara simbolis.

Dari Pihak Kecamatan Plh. Bupati didampingi oleh Camat Pintu Rime Gayo Edy Iwansyah Putra, SH bersama Sekcam, Danramil atau yang mewakili, Petue Kampung serta warga setempat. (Pujo).

Popular Posts