Kades Cikampek Timur Bagikan Kartu Indonesia Sehat

Karawang, MA- Sebagai wujud komitmen Pemdes Cikampek Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang dalam memenuhi pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat, seluruh warga Cikampek Timur di luar peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mandiri yang belum memiliki JKN Kartu Indonesia Sehat (KIS) kini tercover sebagai peserta BPJS Kesehatan kelas III. Dan untuk jumlah penerima KIS di Desa Cikampek Timur tercatat yang baru direalisasi sebanyak 37 orang.

Pembiayaan program ini melalui sharing anggaran antara Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Karawang.

Kepala Desa Cikampek Timur Kamaludin MS, Rabu (9/6), membagikan secara simbolis KIS kepada warga Desa Cikampek Timur, di Kantor Desa setempat. Yang dihadiri Ketua BPD dan anggota,LPM serta Aparatur desa RT dan RW. Dalam pengarahannya, Kamaludin menghimbau agar para RW dan RT bersama perangkat desa lebih aktif dalam mensosialisasikan program KIS ini.

Agar tidak ada warga yang tercecer dalam mendapatkan KIS ini, pihaknya juga meminta kepada warga yang belum memperoleh KIS untuk melapor kepada perangkat desa sehingga bisa dilakukan pendataan kembali. “Saya berharap warga yang belum kebagian kartu harap segera melapor untuk didata, selain itu para RT dan RW aktif mendata warga yang belum mendapatkan KIS. dan sesegera mungkin mendistribusikan kartu tersebut karena kartu tersebut sangatlah berharga bagi warga yang membutuhkan,” ujar Kamaludin.

Kamaludin juga mengatakan dengan mengcover biaya JKN KIS merupakan suatu bentuk kepedulian dan perhatian kepada warga masyarakat yang membutuhkan pengobatan gratis. “Jangan disimpan di bawah bantal, namun manfaatkan juga sebagai fasilitas dalam mencegah sakit. Jangan sampai, setelah sakit parah baru dibawa ke rumah sakit atau puskesmas. Begitu muncul gejala langsung di periksakan dan nantinya bagi pengguna kartu tersebut jika mendapat rawat inap, berhak dirawat di kamar kelas 3 di RSUD Karawang atau RS swasta yg bermitra dengan pemerintah, ” pungkasnya.(yon)

Popular Posts