BNN Lhokseumawe Laksanakan Kegiatan Asistensi Bangwawan Di Instansi Pemerintah

Lhokseumawe-Aceh, Mediaadvokasi.com. Badan Narkotika Nasional Lhokseumawe melaksanakan kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba (Bangwawan) di Hotel Diana Lhokseumawe pada Rabu (17/06). Kegiatan partisipatif ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari TNI/Polri dan berbagai instansi di Pemerintah Kota Lhokseumawe.
Jurnalis media ini yang meliput langsung jalannya kegiatan Asistensi Bangwawan ini mendapati informasi bahwa ini merupakan kegiatan pertama di era new normal setelah sebelumnya terkesan vakum akibat inbas dari musibah pandemi Covid-19. 
Kepala BNN Lhokseumawe, AKBP. Fakhrurrozi, S.H berkeyakinan bahwa penyebaran Covid-19 adalah sesuatu yang membahayakan, akan tetapi penyalahgunaan dan peredaran narkoba jauh lebih berhaya yang telah merengut banyak korban anak bangsa. "Aktifitas dan rutinitas masyarakat di-Lockdown, tetapi distribusi narkoba jalan terus", ujarnya prihatin.
BNN sebagai leading sektor dalam upaya penanggulangan bahaya narkoba, sebagaimana diatur dalam UU 35 tahun 2009, mengajak seluruh pemangku kepentingan di daerah untuk bersinergi dan menyusun strategi serta rencana aksi memerangi peredaran narkoba, "kita berharap agar teman-teman di IP dan Lingkja (Instansi Pemerintah dan Lingkungan Kerja, red) mampu bermitra untuk menjadi penggiat anti narkoba", harap mantan Sespripim Kapolda Aceh ini.
Pada bagian lain, mantan  Wakapolres Langsa ini menegaskan bahwa Inpres 02 tahun 2020 lebih jelas dan sistematis mengatur tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (RAN P4GN).

Fakhrurrozi juga mengakui bahwa masih terdapat banyak kendala dalam upaya menindak penjahat dan mencegah angka prevalensi penyalahgunaan narkoba, "nyawa taruhannya bila berhadapan dengan pihak bandar". Namun sambungnya, dengan niat yang tulus dan kerjasama antar penegak hukum kita akan mampu melewati masa-masa pahit ini. "Mari kita samakan persepsi, saling berkoordinasi untuk Lhokseumawe zero narkoba", pungkas mantan Kabid Brantas BNNP Aceh ini.

Bertindak sebagai pemateri, disamping diisi langsung oleh Kepala BNN, Kegiatan Asistensi Bangwawan ini juga dibekali oleh Miswar Ibrahim Asisten III Pemko Lhokseumawe dengan tetap mematuhi protokol new normal, dimana semua peserta dan panelis menggunakan masker, menjaga jarak serta menggunakan handsanitizer yang telah disiapkan panitia. (Om Bil)

Popular Posts