Zekiy: Lahan Hutan Di Aceh Tengah Kian Kritis Dan Rusak.

Aceh Tengah-Media Advokasi.com
Lahan Hutan di Aceh Tengah kian kritis dan rusak, diduga akibat maraknya pembukaan lahan perkebunan. Dimana hutan di area hutan yang ada di ketinggian sangat banyak di alih fungsikan sehingga berpotensi menjadi bencana bandang.

"Saya begitu sangat prihatin dengan rusaknya pohon yang berada di area hutan alam yang ada di Beberapa titik ketinggian, ekosistem hutan  termasuk tegakan pohon sudah banyak di tebang" kata Zakiy,penggerak klh Gayo yang berada di Aceh tengah, Jumat (15/5/2020).

Kini tepatnya bulan Mei sangat banyak terjadi bencana alam terutama longsor di banyak titik tebing karena kurangnya tutupan pohon, Sepertu Kejadian pada 13 Mei 2020.
Berawal dari datangnya hujan yang mengguyur, banjir bandang di daerah paya tumpi pertama kali terjadi , berbeda dengan daerah daerah rawan bencana lainnya yang mungkin sudah terjadi berulang kali. Tentu banyak kerugian karena bencana ini , puluhan rumah terendam dan kerugian material lainnya .Saat hujan datang biasanya air menyerap ke tanah , beda hal nya kali ini .
Faktor penyebab berupa kurangnya tutupan pohon di hulu, dan banyaknya pemakaian pupuk non organik di sekitar hulu sehingga penyerapan air tidak sempurna .

Itu menjadi pelajaran penting bagi masyarakat dan oknum lainnya , kini curah hujan tak bisa lagi di prediksi dengan jelas karena perubahan iklim yang signifikan .

LSM-KLH GAYO mengajak masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan agar bijak dalam menjaga pohon alam yang masih terbentang luas di area pegunungan, agar mengurangi bencana alam di wilayah Terdampak.(red)

Popular Posts