Ratusan Pedagang Pasar Cikampek Lakukan Rapid Test

Karawang, MA-Ratusan pedagang yang berjualan di Pasar Cikampek, Kecamatan Cikampek, disisir untuk dilakukan rapid tes.

Kepala UPTD Pasar Cikampek, Hasan Mahfud mengatakan, para pedagang diimbau untuk menjalani rapid test ini sehingga diketahui hasilnya. Dengan demikian jika ada yang reaktif akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

“Yang ikut test ini pedagang dan pengunjung, begitu juga kami petugas pasar kebersihan yang notabene bersama teman-teman ada di pasar. Kami juga ikutan, karena kami rutin di pasar,” ujarnya, Kamis (14/5).

Ia mengatakan, pihaknya telah menerapkan standar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19, misalnya dengan penerapan PHBS dan penggunaan masker.

“Yang sudah kami lakukan selama ini yakni dengan protokol kesehatan seperti PHBS di tempat-tempat yang sudah kami siapkan, mengatur jarak, kemudian pakai hand sanitizer juga,” ucapnya.

Dia berharap, untuk mereka yang tidak kebagian rapid test dapat di-rapid test di kesempatan berikutnya.

“Tapi dari pihak Dinkes-kan muter juga, tidak hanya fokus di Pasar Cikampek, jadi ada pemerataan. Kami bisa lihat antusiasme pengunjung dan pedagang. Karena kalau pagi mereka sibuk,”katanya.

Hasan akan selalu berkoordinasi dengan Puskesmas Cikampek agar dapat dilakukan rapid test susulan. Namun dia juga memahami jika memang belum ada rencana rapid test susulan karena keterbatasan alatnya.

Penanggung Jawab fasilitas tempat Disperindagtamben  Karawang, Melalui Sekretaris Dinas Gunadi menuturkan, untuk rapid test di Pasar Cikampek, pihak Dinkes Karawang menyiapkan sebanyak 250 alat rapid test.

“Di sini petugas menyisir seluruh pedagang yang berjualan di pasar Cikampek. Selain pedagang, sasaran lain adalah pembeli yang sering berbelanja di pasar ini. Total sasarannya 250  orang untuk pengunjung dan pedagang,” tandasnya.

Rapid test massal di tempat umum untuk kali pertama dilakukan di Pasar Cikampek dan selanjutnya bakal dilakukan di tempat lain. Hasil pemeriksaan akan diketahui sekira 15 menit dan tidak akan diumumkan secara terbuka untuk menghindari kerumunan.

Untuk tahap awal rapid test baru dilaksanakan di Pasar Cikampek. Selanjutnya akan dilaksanakan bergantian di pasar lainnya.

“Ini yang pertama kali digelar di tempat umum. Nanti akan bergantian di lokasi lain, rencana besok ke pasar Rengasdengklok, ” pungkasnya.(yon)

Popular Posts