Pemdes Cikampek Timur Adakan Rapat di Halaman Kantor

Karawang, MA-Ada yang berbeda di halaman Kantor Desa Cikampek Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang, Senin (11/5/2020) pagi sekitar pukul 10.00 Wib.

Saat itu sejumlah orang berkumpul dengan jarak satu hingga satu setengah meter  di depan halaman kantor Desa Cikampek Timur.

Pagi itu mereka sedang melaksanakan rapat koordinasi terkait upaya pencegahan Covid-19 di wilayah itu dan pelaksanaan PSBB.

Berbeda dengan sebelumnya, rapat dilaksanakan dalam ruangan. Tapi sejak isu Covid-19 merebak, Kepala Desa Cikampek Timur , Kamaludin, memutuskan agar rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah orang harus dilaksanakan di luar ruangan sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi.

"Saya bersama unsur Muspides diantaranya ketua BPD dan anggota BPD menyelenggarakan rapat koordinasi pencegahan Covid-19 tingkat desa. Rapat diselenggarakan di halaman kantor desa tepat pukul 10.00 Wib sambil berjemur," ungkap Kamaludin kepada Mediaadvokasi. Com

Kamal mengatakan rapat yang dihadiri oleh unsur muspides menyepakati desa tanggap Covid- 19 dengan pembentukan Relawan Desa lawan Covid-19.

Lebih lanjut, Kamal mengatakan pembentukan relawan desa lawan Covid -19 terdiri dari ketua yaitu Kepala Desa, Wakil ketua, ketua BPD yang beranggotakan perangkat desa, anggota BPD, perangkat desa, RT, pendamping lokal desa, bidan desa, perawat desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, karang taruna, PKK yang bermitra dengan unsur Mupides dan pendamping desa.

Kamal menjelaska relawan lawan Covid-19 bertugas melakukan penceghan Covid -19. Berupa edukasi kepada masyarkaat tentang protokol pencegahan covid- 19,dan melaksanakan tugas untuk mensukseskan PSBB.

Mereka akan melaksanakan pendataan penduduk rentan, identifikasi fasilitas-fasilitas desa yang bisa untuk sosialisasi, penyemprotan disinfektan, alat kesehatan untuk deteksi dini, menyediakan informasi penting, melakukan deteksi dini berupa; pencatatan tamu masuk desa, pencatatan keluar masuk warga, pendataan warga yang baru datang daru perantauan, buruh migran yang kerja di kota-kota terjangkit, pemantauan perkembangan ODP, pungkasnya (yon)

Popular Posts