Pandemi Covid-19, Pemdes Karang Anyar Bagikan BLT ke 142 KK


MUBA, MA- Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Anyar Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 142 Kepala Keluarga (KK) di Kantor Kepala Desa Karang Anyar, Selasa 11/05/2020.

BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang diberikan sebesar Rp 600.000 selama tiga bulan April, Mei dan Juni 2020. Penerima BLT tergolong dalam kate gori warga yang tidak mampu, tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Paket Sembako hingga Kartu Prakerja atau tidak terdaftar penerima bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah daerah maupun pusat.

Menurut Azhari selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karang Anyar Ketika dibincangi awak media mengatakan penentuan dan penyaringan penerima BLT tersebut melalui Musyawarah Desa Khusus.



"Berdasarkan hasil musyawarah desa khusus disepakati bersama bahwa kreteria penerima BLT-DD adalah warga yang kurang mampu dan yang belum tersentuh bantuan sosial lainnya, sesuai dengan data yang sudah terverifikasi di Desa Karang Anyar sebanyak 142 KK," tuturnya.

Selanjutnya, Zahari pun mengajak pada seluruh warga masyarakat Desa Karang Anyar agar senantiasa selalu mengikuti imbauan pemerintah dalam mencegah Covid-I9.

"Kami atas nama BPD Karang Anyar mengajak seluruh warga Desa Karang Anyar agar senantiasa menjaga kebersihan diri, seperti selalu mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta usahakan selalu mengunakan masker sebagai alat pelindung diri jika berpergian," harap Zahari.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Karang Anyar Saipul mengatakan, Pemerintah Desa bersama BPD membagikan BLT-DD kepada warga yang kurang mampu di tengah pandemi Covid-I9.


"Alhamdulillah hari ini Pemerintah Desa Karang Anyar bersama BPD membagikan BLT-DD kepada 142 KK. Bantuan BLT ini kita berikan untuk warga yang kurang mampu yang terkena dampak wabah virus Corona, ujarnya.

Kemudian Saipul pun mengatakan terkait upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-I9 pemerintah Desa Karang Anyar telah melakukan sosialisasi dan pencegahan.

"Untuk pencegahan covid 19, pihak pemerintah desa Karang Anyar dan BPD telah melakukan sosialisasi, penyemprotan disinfektan, pembuatan posko Covid-19 dan meportal di setiap pintu jalan keluar masuk kedalam pemukiman warga," tandasnya.

Dalam pembagian BLT tersebut Pemerintah Desa Karang Anyar di dampingi BPD, pihak Kecamatan dan pengawalan ketat dari Aparat Kepolisian dan TNI. (Jahri)

Popular Posts