Empat Warga Aceh Selatan Hasil tes Swab Negatif

Aceh Selatan-Media Advokasi.com
Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Aceh Selatan menyampaikan empat warga di Aceh Selatan yang telah diuji swab Litbangkes Aceh dinyatakan negatif Covid-19, hal ini disampaikan juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Aceh Selatan, Sri Milda di Tapaktuan, Rabu (13/5).


Ia mengatakan hasil tersebut diterima gugus tugas penanganan Covid-19 Aceh Selatan pada Selasa (12/5) .


“Alhamdulillah seluruhnya negatif, dengan pengumuman ini kami harapkan masyarakat tidak perlu panik terhadap isu tidak bertanggung jawab yang berkembang, percayakan kami tim gugus Covid-19 Aceh Selatan senantiasa bekerja buat masyarakat,” bebernya.


Sri Milda menegaskan dan berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi imbaun pemerintah terhadap protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari penularan virus Corona.


“Kami senantiasa terus berusaha dan berdoa agar kita dijauhkan dari penularan Corona, kami berpesan agar masyarakat tetap menjaga jarak dengan orang lain, gunakan masker jika terpaksa keluar rumah dan sering mencuci tangan dgn sabun dan menggunakan air mengalir serta tetap berada di rumah,” pesannya.


Ia menjelaskan sebelumnya di kabupaten Aceh Selatan telah dilakukan penanganan khusus kepada beberapa warga yang menunjukkan reaktif Covid-19, dengan tindakan PCR ( PCR adalah sebuah metode pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona. Sementara itu, pemeriksaan swab adalah cara untuk mendapatkan sampel yang akan digunakan dalam metode PCR. Jadi dalam pemeriksaan corona, pemeriksaan swab dan PCR merupakan satu kesatuan).


“Ada dua kelompok kasus di Aceh Selatan sehingga kita lakukan tindakan pengambilan swab untuk dilakukan pemeriksaan PCR, kelompok kasus yang pertama adalah traveler yang baru pulang dari pondok pesantren temboro magetan Jawa Timur ada 3 orang dengan inisial FS , ZH , AT. Ketiga warga tersebut sudah melalui tahapan diantaranya dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif,” terangnya.


Sementara itu untuk kasus yang kedua adalah warga yang berinisial KN, warga tersebut diketahui baru melakukan perjalanan dari Pekanbaru.


“Setelah dilakukan rapid test KN yang merupakan pegawai BPOM Aceh Selatan didapatkan reaktif, sehingga dengan adanya dua kelompok kasus yang menonjol dan menjadi perhatian di masyarakat umum, maka kami dari gugus tugas PP covid 19 Asel melakukan pengambilan swab di RSUDYA,” jelasnya lagi.


Untuk klaster Temboro yang berjumlah 3 org tersebut pengambilan sampel swab dilakukan di BLUD RSUD Yuliddin Away pada pada Selasa (5/5) sedangkan AT dan KN dilakukan pengambilan sampel selama dua hari berturut-turut yaitu pada Sabtu dan Minggu (9 – 10 /5) dan selanjutnya dibawa ke Balitbangkes Aceh untuk dilakukan pemeriksaan PCR.


Dengan keluar hasil Swab negatif terhadap kelima warga di Aceh Selatan itu, maka dapat dinyatakan hingga saat ini kabupaten Aceh Selatan belum terpapar Covid-19, namun tim gugus tetap berupaya maksimal untuk menangkal penyebaran virus corona di wilayah kabupaten Aceh Selatan.pungkasnya

Popular Posts