Bansos Terdampak Covid-19 di Aceh Singkil bukan Untuk Keluarga Miskin, Tapi Yang Terganggu Mata Pencaharian.

Keterangan foto: Kepala Dinas Sosial Aceh Singkil saat melihatkan batuan sosial dari provinsi Aceh, Selasa (5/5) di Singkil

Aceh Singkil-Media Advokasi.com
Warga Aceh Singkil yang terkena Dampak Virus Corona (Covid-19) bakal dapat  bantuan sosial (Bansos) dari Dinas Sosial. diperuntukkan bagi warga yang terkena dampak virus corona.

"Dan Bansos yang bakal dapat dari Dinas Sosial tersebut sedikitnya sebanyak 3.764 Kepala Keluarga (KK),"Kata Kepala Dinas Sosial Aceh Singkil Iskandar saat di Konfirmasi Media Advokasi di ruang Kerjanya, selasa (5/5/2020). 

Iskandar mengtakan untuk Kriteria penerima bantuan sosial ini diantaranya bukan keluarga miskin, melainkan mereka yang terganggu mata pencahariannya.Karena adanya virus corona seperti tukang becak, BHL yang di PHK, buruh angkut, dan semua elemen yang terganggu perekonomiannya karena wabah virus corona. 
Dan sajauh ini pihaknya telah menerima sebanyak 37 ton 640 kg beras, 15 ton gula pasir, 15.000 liter minyak goreng, 15.056 kaleng sarden, dan 3.764 kardus intermi dari Dinas Sosial Provinsi.

"Setiap kepala keluarga mendapat 1 kantong beras 10 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, sarden 4 kaleng dan intermi 1 kardus," Kata Iskandar. 

Lanjut Iskandar,  sistim penyaluran Bansos tersebut bukan di serahkan ke Kepala Desa (Keuchik) tetapi akan dilakukan kerumah-rumah yang bersangkutan (Dor to dor) dan langsung di dampingi TNI/Polri dan Unsur Forkopimda lainnya, " Ungkap Iskandar. 

Sambung Iskandar, verifikasi data penerima terus dilakukan Dinas Sosial guna memastikan penerima tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya seperti PKH, BPNT, maupun BLT dari dana desa yang segera bergulir.

"Jadi data ini diburu cepat diminta oleh Provinsi, siapa duluan masuk datanya sampai dientri di server Provinsi sampai batasan lebih 5.000 penerima, setelah itu diverifikasi ulang karena datanya tertimpa dengan bantuan PKH dan BPNT, cetak pverifikasi data didapatlah 3.764,"

Mengenai desa yang belum masuk datanya sebagai penerima bantuan sosial yang dari Provinsi, Iskandar mengungkapkan yang tidak dapat bantuan dari Provinsi tetap akan dapat bantuan serupa dari Kabupaten.

"Yang sisa tidak dapat bantuan dari Provinsi, itulah dianggarkan dari Kabupaten, dananya sudah ada sekitar 6 miliar disiapkan Pemda dengan bentuk bantuan yang serupa dari Provinsi,"jelasnya.

Sementara kapan bantuan sosial ini disalurkan, Iskandar menambahkan saat ini sedang menunggu Surat Keputusan (SK) penerima bantuan dari Bupati.

"Secepatnya akan disalurkan menunggu SK Bupati, kemudian koordinasi dengan TNI, Polisi, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya,"Ungkap Iskandar. 

Jadi saya berharap kepada Masyarakat Aceh Singkil jagan resah karena bantuan Provinsi ini hanya bagian dari bantuan Imbas Covid-19, tetapi tidak keseluruhan. 

Untuk menutupi kekurangan dari data tersebut sudah di siapkan Pemerintah dari Dana APBK sebesar 6 Miliar, cuma kita butuh waktu untuk verifikasi data,"Pungkasnya.(Ahmad)

Popular Posts