Ancam Sebar Video Call Tidak Senonoh dan Minta 70 Juta, Dua Oknum Anggota LSM Aceh Singkil di Tangkap Tim Saber Pungli

Aceh Singkil-Media Advokasi.com
Dua oknum anggota LSM di Aceh Singkil di Tangkap saat Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres setempat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Selasa Sore (12/5/) Kemarin.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK Mengatakan, Mereka ditangkap karena diduga memeras IB, Kepala Desa Ketangkuhan, Kecamatan Suro, Aceh Singkil. keduanya adalah IE (31) dan HS (31).

"Mereka tertangkap di Desa Mandumpang, Kecamatan Suro, Selasa (12/5) pukul 17.00 Wib," kata Mike saat konferensi pers di Mapolres, Kampung Baru, Singkil Utara, Rabu (13/5/2020).

Modus yang digunakan oleh para pelaku kata Mike dengan pengancaman akan menyebarkan video call asusila kades dengan seorang wanita lain yang bukan istri nya. 


Dari OTT tersebut, polisi menemukan uang diduga hasil pemerasan sebesar 50 juta.

Menurutnya, uang tersebut merupakan lanjutan transaksi dari transaksi sebelumnya. Transaksi lanjutan itu sebagai pelunasan. 

"Para pelaku meminta uang sejumlah 70 juta, sementara yang sudah diberikan 15 juta pada tahap pertama, kemudian tahap kedua 50 juta," sambung Mike.

Selain uang tunai, barang bukti yang disita polisi adalah 1 unit mobil toyota Calya warna merah, 3 buah BPKB, 1 kunci mobil Calya, 1 HP Samsung Galaxi J7, 1 unit HP Oppo A7 dan 1 HP Nokia 310.

"OTT dilakukan berdasarkan laporan dari korban, korban merasa dirinya tertekan," tambah AKP Fauzy, Kasatreskrim Polres Aceh Singkil.

Para pelaku disangkakan dengan Pasal 368 ayat 1 junto Pasal 369 ayat 1 junto Pasal 55 ayat 1 huruf E KUHPidana dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara.

Selanjutnya Polisi akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, dengan mengumpulkan alat bukti dari barang bukti yang dikumpulkan.

"Kepada masyarakat yang mungkin pernah merasa berhubungan dan menjadi korban dari pelaku, agar segera melaporkannya agar ditindaklanjuti, karena ada barang bukti mengarah keluar dari pelapor yang ditangani," imbau Kapolres. (Ahmad)

Popular Posts