DPRD Muba Turun Bantu Atasi Penyebaran Covid-19



MUBA, MA- Situasi darurat penyebaran Virus Corona (Covid-19) menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Pimpinan dan Anggota DPRD Muba. Wakil ketua II DPRD Muba, Irwin Zulyani, SH, bersama dua anggota DPRD lainnya yakni Sudingun, SH dan Supriasihatin mendatangi Desa Sidorejo (A6) dan Desa Cipta Praja (A7) Kecamatan Keluang, Selasa 31/03/2020.

Bersama pemerintah setempat dan Stake Holder terkait, DPRD tidak hanya memberikan sosialisasi mengenai pencegahan penyebaran virus corona melainkan juga memberikan bantuan berupa kebutuhan pelindung diri seperti masker, hand sanitizer dan vitamin. 

"Dalam sosialisasi kali ini, kita tekankan kepada masyarakat mengenai penting nya menjaga pola hidup sehat terutama dalam menghadapi pandemi penyebaran virus corona ini,”ujar Irwin.
Melalui kepala desa dan perangkat desa, dirinya juga meminta bagi masyarakat terutama yang masuk kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) untuk mengisolasi diri demi kesehatan dan keselamatan bersama. 

"Bagi masyarakat umum, kami juga menghimbau untuk tidak melakukan aktifitas yang membuat perkumpulan atau kerumunan, dan pastikan keluar masuk nya masyarakat dari luar daerah harus di perhatikan dan dilaporkan ke puskesmas terdekat. Dan biasakan pola hidup sehat," pintanya. 

DPRD Muba juga tengah memikirkan dampak sosial ekonomi di masyarakat."tapi kami yakin Pemkab Muba sudah menyiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi dampak tersebut,”ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh anggota DPRD Muba, Sodingun, koordinasi antara pemerintah desa dan puskesmas harus terus dilakukan dan ditingkatkan. 

"Kemudian memperhatikan Alat Perlengkapan Diri (APD) bagi tim pemantau di desa-desa seperti bidan desa, sehingga mereka bisa menjalankan tugas dengan baik dan terlindungi,”tegasnya.

Sementara itu, Supriasihatin, mengutarakan selain sosialisasi, upaya lain yang harus dilakukan ialah penyemprotan desinfektan di sekitar rumah-rumah warga terutama di tempat-tempat yang paling sering di pegang seperti pintu, kursi, meja serta tempat yang sering di gunakan untuk berkumpul.
“Insyaallah dengan upaya yang dilakukan secara bersama dan mengikuti arahan dari pihak-pihak terkait, penyebaran covid-19 bisa di cegah,”ucapnya. 

Terpisah, Camat Keluang, Deby Heryanto, SSTP, MM, menyatakan pengawasan terhadap orang-orang yang masuk kewilayah nya benar-benar menjadi titik perhatian. 

“Serta diwajibkan melapor ke petugas kesehatan, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan dan pengawasan. Kami juga bersyukur masyarakat cukup kooperatif dengan melaporkan adanya anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah. Disamping itu, kami melalui pemerintah desa, Kelurahan, RW dan RT terus melakukan pengawasan di wilayah masing-masing,”tutupnya.

Sumber Humas DPRD Muba

Popular Posts