Antisipasi Sebaran Covid-19, Puskesmas Syamtalira Bayu Lakukan Disinfeksi Fasilitas Publik


Aceh Utara- Media Advokasi.com
 Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah terusbekerja keras untuk memberantas penyebaran virus corona (covid-19). Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib beserta seluruh elemen yang terlibat dalam tim Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Utara secara simultan berupaya maksimal. Dalam hal ini Upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Utara di lingkungan Kecamatan Syamtalira Bayu telah melaksanakan pendeteksian dini, sosialisasi dan disinfeksi fasilitas umum di wilayah kerjanya.

Camat Syamtalira Bayu, T. Bustamam, S.Sos didampingi Kepala Puskesmas Syamtalira Bayu serta unsur Muspika lainnya memberikan edukasi terkait antisipasi dan potensi resiko covid-19. Terlibat dalam kegiatan itu diantaranya adalah Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Syamtalira Bayu, yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas, Kapolsek, Danramil dan juga didukung oleh perangkat gampong yakni Mukim dan para Keuchik, terutama Geuchik Gampong Dayah Blang Serkuy yang telah menyiapkan alat Thermo Gun, sehingga kegiatan pendeteksian dini covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan relatif cepat. Pelaksanaan pendeteksian dini ini juga dibarengi dengan sosialisasi dan disinfeksi pada fasilitas umum seperti Masjid, Meunasah, Balee Desa, Dayah dan lain sebainya.

Kepala Puskesmas Syamtalira Bayu, dr. Weldi Junaidi kepada kontributor media ini menuturkan bahwa kegiatan deteksi dini dan disinfeksi ini dilakukan agar masyarakat terutama yang baru pulang dari luar negeri atau kota yang terjangkit merasa dipedulikan karena telah diperiksa, juga untuk memilah mana yg termasuk golongan OTG dan yang mana termasuk golongan ODP, "agar masyarakat Syamtalira Bayu lebih tenang dan tidak panik dalam menghadapi wabah Ccvid-19 ini", timpal Weldi.

Saat ini telah dilakukan sosialisasi ke seluruh gampong, sedangkan untuk pendeteksian dini dan desinfeksi baru tiga gampong saja dikarenakan fasilitas yang terbatas, harapan kita agar yang lain juga ikut serta berperan lebih aktif dalam melaksanakan pendeteksian dini, sosialisasi dan disinfeksi seperti menyiapkan alat pendukung serta berperan secara mandiri, urai Kapus ini.

Pada bagian lain, Muspika meminta masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan covid-19 dengan tidak berada di tempat keramaian serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, juga bekerja sama sesuai dengan arahan pemerintah serta berdoa dan memohon perlindungan dari YME agar bencana non alam ini segera usai dan dapat cepat berlalu. ( Om Bil )

Popular Posts