Warga Sibolga Dipulangkan, Status ODP Covid-19 di Aceh Singkil tinggal Satu Orang

Keterangan foto: Kepala Dinas BPBD Aceh Singkil dan Wakil Ketua 1 Penanganan Covid-19 Mohd Ichsan, Selasa (24/3)

Media Advokasi.com Aceh Singkil.
Salah Satu Warga Sibolga Tapanuli Tengah yang berkunjung ke Pulau, Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil dan di tambah Wisatawan Warga Negara Asing (WNA) yang saat ini berada di Pulau Sikandang ditetapkan status Orang Dalam Pengawasan (ODP) Oleh Petugas Kesehatan Penyakit Menular Virus Corona (Covid-19) di Aceh Singkil.

Namun, satu diantaranya sudah dipulangkan ke Daerah asal yaitu ke Sibolga  Tapanuli Tengah, Jadi status ODP Virus Corona Aceh Singkil saat ini tinggal satu orang,"kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil saat di hubungi Wartawan Selasa (24/3/2020).


Erwin mengatakan, WNA status ODP Virus Corona tersebut, saat ini masih di Pulau Sikandang, Kecamatan Pulau Banyak.Petugas Medis terus melakukan Pemantauan terhadap Pasien,"

Dan saat ini Suhu tubuhnya mulai membaik dibawah 38 derajat. Dimana Sebelumnya suhu tubuh WNA mencapai 38 derajat lebih saat menjalani pemeriksaan dengan Thermometer Inframerah,"Ungkap Erwin.


Erwin juga mengatakan, Pasien ODP akan dilakukan pemantauan selama Empat hari kedepan terhitung sejak hari Minggu (22/3) kemarin," bearti hari Kamis nanti kita cek lagi Suhu tubuhnya apabila tetap normal berarti hari Jumat akan di Cabut status ODP nya,"Tutupnya


Sementara itu Wakil Ketua 1 Penanganan Covid-19 Mohd Ichsan saat dikonfirmasi wartawan di Posko Siaga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Singkil, mengatakan Dua pengunjung yang ditetapkan sebagai ODP masih menjalani tahap observasi.

Seorang ODP salah satu WNA yang saat ini berada di Pulau Sikandang, baru akan dinyatakan pulih setelah melewati masa observasi tiga hari ke depan. Jika sudah melewati masa itu WNA dinyatakan negatif Corona.

Sebelumnya suhu tubuh WNA mencapai 38 derajat lebih saat menjalani pemeriksaan dengan Thermometer Inframerah. “Saat ini suhu tubuh sudah di bawah 38 derajat, setiap hari diperiksa tim medis. Kalau tiga hari ke depan turun lagi, berarti hanya demam biasa,” ucap Ichsan.

Sementara seorang lagi yang ditetapkan ODP sudah dipulangkan ke daerah asal, Sibolga, Tapanuli Tengah.

Begitupun katanya, Tim Gugus Tugas tetap akan melakukan pemantauan terhadap orang tersebut, memastikan positif atau negatif. Sehingga track record yang bersangkutan harus ditelusuri dari mana dan dengan siapa.Kata Moch Ichsan. (Ahmad)

Popular Posts