Warga Blang Me Barat Jeunieb Keliling Gampong Untuk Cegah Virus Covid-19


Media Advokasi.com Bireuen-Aceh.
Warga Gampong Blang Me Barat Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen cegah virus Corona (covid-19) dengan mengelilingi gampong dan mebaca doa tolak bala (Wakulja) Minggu (22/3/20) malam.

Salah satu adat orang Aceh dahulu menghilangkan penyakit di gampong mereka masing-masing dengan mengelilingi gampong dan membaca doa tolak bala.

"Kegiatan ini berlangsung dengan mengelilingi seputaran jalan kawasan Gampong Blang Me Barat hingga pelosok jalan gampong dan di setiap persimpangan jalan peserta berhenti dan mengumandang Azan," ujar Murtala salah satu tokoh gampong setempat.

Murtala mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif pribadi pemuka masyarakat dan agama setempat dengan tujuan menangkal bala besar virus corona dengan membawa obor keliling gampong dan membaca wakulja

“Semoga kegiatan ini, warga gampong bisa bersatu dalam mencegah virus yang sedang mewabah ,” ujra Murtala disela-sela kegiatan.

Kegiatan seperti ini juga merupakan adat dan kepercayaan dari dulu orang Aceh dan pernah dilakukan para leluhur dimana saat datangnya musibah yang mewabah maka setiap gampong di Aceh setelah Magrib membaca Yasin dan selepas salat Insya mengelilingi gampong serta membaca doa tolak bala. Hal ini juga dilakukan sekarang oleh Gampong Blang Me Barat (Ikram)

Popular Posts