Tim Gugus Untuk Percepatan Pencegahan Covid-19 di Bentuk Pemkab Aceh Singkil


foto: Pemkab Aceh Singkil Bentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Virus Corona

Media Advokasi.com Aceh Singkil.
Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil bentuk Tim Gugus percepatan pencegahan penyakit menular Virus Corona (Covid-19).

Pembentukan tim tersebut melibatkan dari Unsur Forkopimda, yang terbagi dari tim pencegahan, yakni Dinkes dan Kepolisian.

Sementara tim penindakan; RSUD, Disparpora, Kejaksaan, Satpol PP, dan WH.

Kepolisian Aceh Singkil bakal terapkan deteksi dini. Deteksi dini diantaranya dilakukan terhadap keluar-masuk orang di perbatasan, pelabuhan penyeberangan, keramaian dan wisata Pulau Banyak.

Selain orang deteksi dini juga berlaku pada penimbun alat medis seperti masker dan hand sanitizer serta sembako.

"Akan disiagakan pos terpadu, melibatkan unsur Dinkes, Kepolisian dan BPBD. Pendeteksi akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), alat pemeriksa suhu dan kendaraan khusus evakuasi," ungkap Kapolres AKBP Mike Hardy Wirapraja saat rapat pembentukan tim gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 di Ofroom Kantor Bupati, Kamis (19/3/2020).

Tim gugus tugas kata Kapolres juga akan melakukan sterilisasi lingkungan, perkantoran, perumahan warga, tempat ibadah serta sarana olahraga menggunakan cairan disinfektan.

"Lakukan sterilisasi karpet, diusahakan bawa sajadah sendiri dari rumah,"

Menurut Mike, sosialisasi di masjid dan tempat perkumpulan terus dilakukan guna menghindari perkumpulan massa sementara waktu.

Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali berharap agar tim gugus tugas dapat mulai bekerja pada hari ini dengan menggelar rapat lanjutan internal untuk mendata kebutuhan yang sifatnya urgen.

"Segera lakukan pendeteksian dan sterilisasi lingkungan, termasuk operasi pasar, alat medis dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak," katanya.

Jika diperlukan kata Sazali lakukan penguatan mental apabila sudah ada terdeteksi penyakit sebagai penyemangat sehingga mental dan moralnya tidak jatuh.

Pemkab Aceh Singkil telah membentuk tim gugus tugas yang melibatkan unsur Forkopimda. Tim ini akan disiagakan dipintu keluar-masuk Aceh Singkil dan lokasi keramaian. (Ahmad)

Popular Posts