Putra Putri Aceh Jangan Terkecoh Janji Manis Para Calo dan Agen Kerja ke Malaysia

Foto: Pengurus KANA di Malesia

Media Advokasi.com Banda Aceh.
Lembaga Kesatuan Aneuk Nanggro Aceh (KANA) menghimbau agar masyarakat Aceh jangan terkecoh dengan manisnya janji Angin Surga yang dibuai oleh para Agen-calo yang menjanjikan pekerjaan di negeri Malaysia. Hal itu diutarakan Ketua KANA, Abu Saba dan Tgk bukhari, kepada media ini langsung dari Malaysia, Kamis 05/03/2020.

Menurut Abu Saba, selama ini banyak putra putri Aceh tertipu oleh para Calo dan Agen-Agen nakal yang tidak bertanggung jawab, akibatnya putra putri Aceh terlantar di Negeri Jiran karena termakan janji calo dan agen nakal tersebut. Dan anehnya lagi, para orang tuapun begitu saja mengizinkan putrinya bekerja ke Malaysia yang status pekerjaannya tidak jelas.

Untuk itu, Abu Saba menghimbau agar para orang tua yang punya anak gadisnya, jangan semudah itu mempercayai calo dan agen yang menawarkan pekerjaan ke Malaysia. Sebab kebanyakan para agen tersebut hanya mementingkan keuntungan materi pribadinya saja tanpa mempertimbangkan resiko yang dialami anak Aceh, terutama perempuan dan anak gadis. Buktinya, sudah cukup banyak anak gadis Aceh yang terlantar di Malaysia setelah terbuai janji agen-agen nakal tersebut.

Mereka dijanjikan pekerjaan, tapi nyatanya sampai di Malaysia dijual kepada germo-germo, atau ke tempat kerja yang tidak sewajarnya. Kasihan sekali," ungkap Abu Saba dengan nada sedih.

Selama awal tahun 2020, Abu Saba telah menyelamatkan 6 (enam) orang warga Aceh di Malaysia yang menjadi korban tipuan mulut manis para calo. Diantaranya, 5 (lima) orang perempuan dan 1 (satu) orang laki-laki.

Di bulan Fepruari ini (2020), Abu Saba telah memulangkan ke Aceh 3 (tiga) dari 5 (lima) perempuan yang jadi korban kejahatan para calo tersebut.

Untuk itu, Abu Saba berharap para putra-putri Aceh, terutama orang tua yang memiliki anak gadisnya, jangan percaya kepada calo-calo atau agen-agen yang masuk kampung dan menawarkan pekerjaan ke Malaysia. Sekiranya memang berkeingian untuk bekerja ke Malaysia, pergi saja sendiri, baik dengan cara mencari kawan atau saudara sendiri yang di Malaysia. Jangan pernah mempecayai calo tersebut, meskipun mereka berkedok PT, CV atau apa saja. Sebab kebanyakan itu tidak jelas.

Lebih lanjut Abu Saba juga mengatakan "Pekerjaan yang ditawarkan itu hanya PHP, yang akhirnya kena tipu dan jadi gelandangan, pelacur dan lain-lain. Bahkan sesampai di sana, mereka kelaparan karena tidak ada kerja, yang akhirnya, menyusahkan keluarganya sendiri di kampung," pungkas Abu Saba.

Oleh Abu Saba
(Ketua KANA di Malaysia).

Popular Posts