Plt Bupati  Aceh Selatan Tgk Amran Lantik 219  Kepala TK, SD dan SMP 


Media Advokasi.com Aceh Selatan.
Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar mutasi Kepala Sekolah (Kepsek) jenjang TK, SD dan SMP untuk mengisi kekosongan jabatan di sejumlah lembaga pendidikan di daerah itu.Tapaktuan, Rabu (4/3/2020).

Pelantikan Kepala TK SD, SMP dan pengambilan sumpah jabatan Sejumlah 219  orang  yang dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran  telah berlangsung di   Gedung Rumoh Agam,Tapaktuan

Dalam sambutannya, Tgk. Amran kembali menegaskan bahwa, pihaknya sama sekali tidak melakukan balas dendam politik dalam memutuskan kebijakan mutasi kepala sekolah SD dan SMP tersebut.

“Saya tidak melakukan balas dendam politik. Saya tidak memindahkan seseorang oknum guru dari ujung Labuhan Haji Barat ke ujung Trumon Timur meskipun dulu berbeda pilihan politik,” tegas Tgk. Amran.


“Terutama sekali kepada para guru dan Kepsek. Dipundak saudaralah diemban tugas dan tanggungjawab memajukan dunia pendidikan daerah ini demi masa depan anak bangsa generasi penerus masa depan yang lebih cerdas dan intelektual. Maju atau mundurnya kualitas pendidikan kita sangat tergantung kepada saudara semua. Mari kita hilangkan perbedaan politik masa lalu, sudah waktunya kita bekerja keras sekarang ini,” ungkap Tgk. Amran.

Tgk. Amran kembali mengulangi ucapannya dihadapan ratusan kepala sekolah yang dilantik pada saat itu. Bahwa dia tidak melakukan balas dendam politik, orientasinya memimpin daerah murni ingin memajukan kabupaten yang dikenal penghasil pala itu lebih maju dan lebih HEBAT lagi kedepannya.

“Bahkan, saya langsung perintahkan pejabat di Dinas Pendidikan jikapun ada satu atau dua orang oknum guru atau Kepsek yang berkinerja buruk. Tolong jangan dimutasi ke sekolah terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Tapi cukup dipindahkan saja ke sekolah di kecamatan tetangga. Agar oknum tenaga pendidik ini dapat mengintrospeksi diri atas kesalahannya dengan harapan kinerjanya dapat lebih baik kedepan,” tegas Tgk. Amran lagi.

Kepada para Kepsek yang telah dilantik itu, Plt Bupati Aceh Selatan  Tgk. Amran juga berpesan bahwa, agar amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Ia mengharapkan agar jabatan Kepsek itu tidak sekedar hanya berorientasi untuk mengharapkan materi dan  jadikan  Jabatan kepala Sekolah sebagai ibadah kenaikan  harus benar-benar diemban amanah itu dengan penuh tanggung jawab.

Ia menegaskan bahwa, jabatan yang diemban itu sama sekali bukan hak, tapi murni kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan berdasarkan hasil evaluasi kinerja

“Karena itu, tolonglah bekerja secara totalitas dan penuh rasa tanggungjawab. Bekerjalah dengan hati dan penuh perasaan, jalani tugas ini dengan santai. Jerih payah saudara mendidik anak bangsa harus menjadi amal ibadah dihari akhirat, sehingga seberat apapun beban yang dihadapi tetap akan terasa ringan, asalkan diawali dengan niat tulus ikhlas,” ujarnya.


Sebab, para pejabat yang telah dilantik tersebut tetap akan dilakukan proses evaluasi kinerja secara menyeluruh. Jika terbukti berkinerja buruk,  tidak di siplin maka ia pastikan bahwa oknum Kepsek dimaksud evaluasi  akan diganti.


Kemudian kabar gembira kedua adalah khusus kepada guru yang belum mengantongi sertifikat calon kepala sekolah (Cakep). Ia memastikan bahwa, pelatihan Cakep tersebut dapat diikuti langsung di Kabupaten Aceh Selatan dalam bulan Maret ini.

“Kita akan mempermudah guru-guru mendapatkan sertifikat Cakep. Dalam bulan ini juga kita akan menggelar pelatihan Cakep di Aceh Selatan dengan mendatangkan secara khusus tim pelatih dari Solo, Jawa Tengah,” tandasnya, yang disambut tepuk tangan bergemuruh dari ratusan Kepsek,tidak perlu lagi pergi Banda Aceh Pungkasnya. (ZM)

Popular Posts